Tata Motors Membeli Pabrik Ford di India
Ford F-10 Lightning (ANTARA)

YOGYAKARTA -  Produsen mobil Ford dilaporkan menjual salah satu pabriknya di India kepada Tata Motors, pemilik Jaguar Land Rover, yang bermaksud menggunakannya untuk memproduksi EV di negara tersebut.

Pabrik terletak di Kota Sanand di negara bagian Gujarat barat dan baru-baru ini mulai ditawarkan saat Ford mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi kendaraan di India, dengan alasan pangsa pasar kurang dari dua persen.

Ford telah bertahan selama lebih dari dua dekade untuk menghasilkan keuntungan di pasar India sebelum akhirnya berhenti pada dua bulan lalu seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Membeli Pabrik Ford di India

Menurut Reuters, penjualan pabrik akan mencakup tanah yang di tempatinya, semua aset, serta karyawan.

Harga penjualan tidak diungkapkan, tetapi The Economic Times melaporkan bahwa angka penjualan sekitar 100-150 juta dolar AS. Selain insentif pemerintah, Tata juga telah mengumpulkan 1 miliar dolar AS dari perusahaan swasta TPG untuk bisnis EV-nya.

“Meningkatnya preferensi pelanggan untuk kendaraan penumpang dan listrik yang dibuat oleh Tata Motors telah menyebabkan pertumbuhan berlipat ganda… potensi transaksi ini akan mendukung perluasan kapasitas,” kata direktur pelaksana Tata Passenger Electric Mobility Shailesh Chandra, dikutip dari Carscoops pada Rabu.

Tata Motors mendominasi pasar mobil listrik di India dan berencana untuk mengembangkannya lebih jauh dengan insentif miliaran dolar dari pemerintah.

Kapasitas produksi diharapkan menjadi 300.000 unit per tahun setelah mesin baru dipasang untuk meningkatkan produksi EV, dengan kapasitas meningkat menjadi 400.000 unit segera setelahnya.

Kesepakatan itu tidak akan mencakup pabrik kedua Ford di India, yang memproduksi mesin untuk pasar ekspor.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!