Berita Ekonomi: Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Tumbuh Tinggi Sepanjang 2022
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Presiden Jokowi (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

シェア:

YOGYAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut bergembira catatan pertumbuhan ekonomi 5,01 persen pada kuartal I 2022. Menurutnya, momentum Ramadan serta Idulfitri tahun ini menjadi motor tersendiri dalam mengakselerasi pertumbuhan.

Kemudian, Airlangga juga mengevaluasi peningkatan Indeks Penjualan Kongkret dan PMI Sektor Manufaktur, surplus transaksi berjalan dan poin tukar rupiah serta IHSG yang menguat merupakan bukti perekonomian nasional berada di trek pemulihan yang benar.

“Momentum pemulihan ekonomi ini perlu kita jaga dan tingkatkan bersama sehingga pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 konsisten bisa tumbuh tinggi," ujarnya dalam keterangan sah dikutip Rabu, 11 Mei.

Optimistis Ekonomi Tumbuh Tinggi Sepanjang 2022

Airlangga menambahkan, reformasi struktural akan terus dilanjutkan sebagai strategi jangka menengah panjang agar dapat terhindar dari jebakan middle income trap.

“Dalam jangka pendek, di tengah kenaikan inflasi global, pemerintah terus berupaya menjaga daya beli masyarakat melalui berbagai program perlindungan sosial seperti bansos minyak goreng, bantuan tunai untuk PKL warung dan nelayan,” tuturnya.

Adapun, dari sisi regulasi pemerintah tetap mengupayakan reformasi struktural dengan implementasi UU Cipta Kerja, kemudahan perizinan melalui OSS-RBA, mitigasi perubahan iklim melalui percepatan green economy, serta meningkatkan kapasitas investasi nasional melalui Indonesia Investment Authority (INA).

“Kinerja ekonomi yang berhasil diperoleh ini tidak terlepas dari solidnya kerja sama antara pemerintah dan seluruh stakeholders dalam bersinergi melakukan pengendalian pandemi dan menjalankan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” tegas dia.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan pula jika berbagai program PEN termasuk upaya front loading yang digulirkan pemerintah berhasil mengakselerasi performa ekonomi di triwulan I baik dari sisi lapangan usaha maupun sisi pengeluaran.

“Melalui pemberian insentif bagi dunia usaha, aktivitas produksi mampu bergeliat yang terlihat dari pertumbuhan positif pada mayoritas lapangan usaha. Bahkan, kenaikan signifikan dialami oleh performa perdagangan internasional,” tutup dia.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Tumbuh Tinggi Sepanjang 2022: Kita Jaga Momentumnya

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!