Aplikasi Bulli Bai Gemparkan India, Wanita Muslim Dilelang Online dengan Foto Tak Senonoh
Foto-foto ratusan wanita Muslim India dibagikan di sebuah aplikasi lelang online. (foto; twitter)

シェア:

YOGYAKARTA - Gambar-gambar yang bersumber dari akun media sosial mereka dan tampaknya sudah direkayasa, dan telah memicu kegemparan di negara India. Foto-foto ratusan wanita Muslim India dibagikan di sebuah aplikasi yang dilaporkan telah melelang para wanita itu secara online.

Masalah ini terungkap setelah salah satu pengguna Twitter anonim membagikan detail tentang aplikasi, yang disebut 'Bulli Bai', dengan tautan ke halamannya di platform pengembangan perangkat lunak GitHub. Pada Sabtu, 1 Januari, beberapa wanita men-tweet tentang nama dan wajah mereka yang dibagikan di aplikasi tersebut.

BACA JUGA:


Wanita Muslim Dilelang Online dengan Foto Tak Senonoh

Polisi New Delhi sudah mendapatkan pengaduan pelecehan seksual terhadap pelaku yang tidak dikenal setelah seorang jurnalis melaporkan bahwa dia telah menjadi sasaran aplikasi, yang sejak itu telah dihapus oleh GitHub.

Menteri Teknologi Informasi India, Ashwini Vaishnaw, mentweet bahwa Tim Tanggap Darurat Komputer – sebuah badan keamanan siber di bawah Kementerian TI – juga sedang menyelidiki masalah tersebut.

Mengamati bahwa tahun baru sudah diawali dengan “rasa takut & jijik”, jurnalis, Ismat Ara, membagikan tangkapan layar aplikasi yang mencantumkannya sebagai “Bulli Bai of the day” di Twitter.

Dalam keluhannya, Ara mencatat bahwa portal itu “mempunyai gambar aku yang dipalsukan dalam konteks yang tak sesuai, tak bisa diterima, dan terang cabul.” Ia juga mengatakan istilah 'Bulli' merupakan rujukan yang menghina wanita Muslim.

Beberapa wanita Muslim terkemuka lainnya juga men-tweet tentang 'dilelang' di situs tersebut, dengan tokoh radio populer Sayema ​​mencatat bahwa insiden itu adalah "refleksi pada sistem peradilan India yang rusak, pengaturan hukum dan ketertiban yang bobrok" ​​dan bertanya-tanya apakah itu "menjadi negara yang paling tidak aman bagi wanita.”

Pengguna media sosial menunjukkan kesamaan antara Bulli Bai dan situs web yang sudah tidak aktif bernama 'Sulli Deals', yang juga memasang foto-foto wanita Muslim India dan mendaftarkan mereka 'untuk dijual' tahun lalu.  Aplikasi itu, yang juga dihosting di GitHub, ini telah memicu kemarahan dan janji tindakan serupa.

Sejumlah politisi oposisi telah mempertimbangkan masalah ini. Mereka mengkritik pemerintah Perdana Menteri India, Narendra Modi dan kepolisian India karena membiarkan "kebencian terhadap wanita yang merajalela dan penargetan komunal terhadap perempuan" tidak terkendali.

“Penghinaan dan kebencian komunal terhadap perempuan hanya akan berhenti ketika kita semua menentangnya dengan satu suara. Tahun telah berubah – sekarang kita harus angkat bicara!” kata Pemimpin Kongres Nasional India Rahul Gandhi seperti dikutip oleh RT.com .

Artikel ini telah tayang dengan judul: Bulli Bai Gemparkan India, Wanita Muslim Dilelang Online dengan Foto Cabul, saatnya merevolusi pemberitaan!