Film Ngeri Ngeri Sedap Gagal Masuk Nominasi Oscars 2023, Bene Dion Rajagukguk Tetap Bersyukur
Bene Dion Rajagukguk (Foto: IG @bene_dion)

Bagikan:

JAKARTA - Penantian pecinta dan insan film Indonesia untuk melihat karya anak bangsa menjadi nominasi dan memenangi Piala Oscar harus kembali tertunda. Dalam kategori International Feature Film, 15 judul film dari berbagai negara terpilih untuk masuk dalam daftar pendek(shortlist), dan tak ada Ngeri Ngeri Sedap di sana.

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) pada Rabu, 21 Desember kemarin telah mengumumkan daftar pendek untuk 10 kategori yang diperebutkan dalam Oscars 2023. Film Indonesia, Ngeri Ngeri Sedap yang memiliki kesempatan untuk menjadi nominasi dalan kategori International Feature Film tidak terpilih karena belum memenuhi kriteria.

Gagalnya Ngeri Ngeri Sedap sebagai perwakilan Indonesia untuk bertarung di Academy Awards bukanlah yang pertama kali. Sejak tahun 1986 melalui film Nagabonar, film Indonesia sudah 24 kali mencoba masuk menjadi nominasi namun gagal.

Bene Dion Rajagukguk, Sutradara dan penulis skenario Ngeri Ngeri Sedap, menanggapi kegagalan filmnya masuk nominasi Oscar 2023. Dia mengaku tetap bersyukur. Ia merasa tujuan awal pembuatan film Ngeri Ngeri Sedap sebenarnya sudah tercapai.

“Ngeri-Ngeri Sedap dibuat untuk persembahan kepada suku Batak. Jadi di luar itu, semuanya adalah bonus yang harus disyukuri, termasuk menjadi wakil Indonesia ke ajang Oscars,” kata Bene Dion Rajagukguk saat dihubungi melalui pesan teks pada Kamis, 22 Desember.

Dari daftar 15 film yang masuk dalam kategori International Feature Film tersebut, nantinya akan dinilai kembali untuk dipilih 5 film yang akan masuk nominasi untuk memperebutkan Piala Oscar di tahun mendatang.

Beberapa film dari Asia, seperti Decision to Leave (Korea Selatan), Last Film Show (India), Joyland (Pakistan) dan Return to Seoul (Kamboja) terpilih masuk dalam daftar 15 film tersebut.

Berikut daftar lengkap 15 film yang berkesempatan untuk menjadi nominasi untuk kategori International Feature Film di ajang Oscars 2023:

Argentina 1985 (Argentina)

Corsage (Austria)

Close (Belgia)

Return to Seoul (Kamboja)

Holy Spider (Denmark)

Saint Omer (Perancis)

All Quiet on the Western Front (Jerman)

Last Film Show (India)

The Quiet Girl (Irlandia)

Bardo, False Chronicle of a Handful of Truths (Meksiko)

The Blue Caftan (Maroko)

Joyland (Pakistan)

EO (Polandia)

Decision to Leave (Korea Selatan)

Cairo Conspiracy (Swedia)