7 Tanaman Anti Nyamuk yang Cocok Ditaruh di Sudut Rumah
Ilustrasi tanaman anti nyamuk (Pexels/monicore)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Adanya nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Apalagi ketika anda sedang bersantai kemudian ada suara nyamuk berdengan dan sering kali menempel di kulit anda. Jika anda mengalaminya, salah satu solusinya adalah menaruh tanaman anti nyamuk di rumah. 

Kehadiran nyamuk di rumah anda tidak hanya mengganggu, namun juga berisiko menimbulkan penyakit serius seperti demam berdarah (DB). Biasanya orang-orang akan membeli obat nyamuk asap hingga semprotan untuk mengusir serangga menyebalkan satu ini. Namun ada cara lain untuk mengatasinya, yakni dengan tanaman anti nyamuk. 

Rekomendasi Tanaman Anti Nyamuk

Anda bisa menanam ataupun menaruh tanaman anti nyamuk di dalam rumah dan teras di sekeliling hunian Anda. Berikut sejumlah tanaman anti nyamuk yang bisa anda pilih.

Lavendel

Bunga lavender sudah banyak dikenal memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Selain itu, bunga ini ternyata bisa mengusir nyamuk. Kandungan dalam bunga ini biasanya juga dicampurkan dalam bahan-bahan pengusir nyamuk yang dijual di pasaran. 

Bunga lavender memiliki kandungan minyak esensial yang wanginya tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini mudah tumbuh di lokasi yang mendapat sinar matahari hingga tahan terhadap kekeringan. Anda bisa menaruhnya di teras rumah, taman jendela, hingga di dalam rumah. 

Kemangi

Tanaman yang biasa disajikan dalam lalapan makanan ini juga berguna untuk mengusir nyamuk. Tanaman kemangi mudah ditanam di manapun, baik di tanah secara langsung maupun di pot. Anda bisa menaruh kemangi di halaman rumah maupun teras rumah. Tanaman ini tumbuh subur di tempat yang lembab namun mendapat jangkauan sinar matahari. 

Daun mint

Tanaman mint terkenal memiliki rasa atau aroma yang semriwing dan biasanya dicampurkan dalam sajian teh atau cocktail. Selain itu, tanaman ini juga efektif mengusir serangga, seperti semut, nyamuk, dan lalat. Anda bisa menaruh tanaman ini di sekitar rumah, teras, hingga di dalam rumah. Anda juga bisa mengolah daun mint menjadi semprotan pengusir nyamuk. 

Serai

Tanaman lain yang bisa anda pilih untuk mengusir nyamuk adalah serai. Tanaman serai biasanya digunakan sebagai bahan alami dalam pembuatan semprotan pengusir nyamuk. Aroma serai yang khas dan segar membuat nyamuk merasa terganggu. Anda bisa menanam serai di kebun rumah anda maupun di pot lalu ditaruh di teras rumah.

Catnip

Catnip terkenal sebagai tanaman yang harus dijauhkan dari jangkauan kucing. Namun dibalik itu, tanaman ini dapat mencegah nyamuk dan hama serangga lainnya di rumah anda. Tanaman catnip memiliki aroma seperti mint yang semerbak dan dapat menyebar dengan cepat. Anda bisa menaruh tanaman ini di teras rumah maupun di dalam rumah. 

Marigold

Tanaman marigold biasanya digunakan sebagai penghias rumah karena memiliki warna yang terang sekaligus indah. Selain itu tanaman ini ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dan hama serangga lainnya. Margold bisa tumbuh di tanah maupun pot, sehingga mudah di taruh di sejumlah tempat di rumah anda. 

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan. Tanaman ini juga berguna untuk mengusir nyamuk di rumah. Bawang putih dapat tumbuh di tanah secara langsung maupun di pot. Jadi anda bisa menanamnya di kebun atau menaruhnya di sekeliling rumah. 

Itulah sejumlah tanaman pengusir nyamuk yang bisa anda taruh di rumah. Selain berfungsi untuk mengusir nyamuk, tanaman-tanaman tersebut bermanfaat membuat rumah anda menjadi lebih segar dan harum. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.