Kabar Duka, Komposer Jepang Ryuichi Sakamoto Meninggal Dunia
Ryuichi Sakamoto (Instagram @skmtgram)

Bagikan:

JAKARTA - Komposer legendaris asal Jepang, Ryuichi Sakamoto meninggal dunia pada akhir Maret lalu. Label rekamannya, Avex memberi pernyataan resmi melalui jejaring sosial Twitter dan meminta publik untuk menghargai privasi keluarga.

Ryuichi Sakamoto meninggal pada 28 Maret 2023 seperti yang tertera dalam tulisan yang diunggah oleh Avex baru-baru ini.

“Saat menjalani perawatan untuk kanker yang didiagnosa pada Juni 2020, Sakamoto terus membuat pekerjaan di studio rumahnya. Dia hidup dengan musik hingga akhir hayatnya,” tulis pihak Avex.

Pada pernyataan yang sama, Avex juga menyebut proses pemakaman sudah berlangsung secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga terdekat.

Lahir di Tokyo, Ryuichi Sakamoto dikelilingi budaya dan musik sejak usia muda. Ibunya bekerja sebagai desainer sementara ayahnya adalah editor. Ia mulai belajar piano pada usia tiga tahun dan belajar di sekolah yang sama dengan Yoko Ono.

Ketika kuliah di Tokyo University of the Arts, Sakamoto bertemu dengan musik elektronik. Kemudian ia meluncurkan beberapa proyek solo hingga 20 album sepanjang kariernya.

Pada tahun 1983, ia bersama David Bowie bergabung dengan produksi film Merry Christmas Mr. Lawrence. Selain berakting, Sakamoto juga membuat scoring perdananya untuk film yang kemudian menjadi hit.

Selain itu ia juga berkolaborasi dengan sejumlah musisi seperti David Byrne, Nam June Paik, dan Iggy Pop. Tahun 1987, ia berakting sekaligus mengisi musik untuk film Bernardo Bertolucci berjudul The Last Emperor. Film ini memenangkan sembilan Oscar termasuk Best Original Score.

Pertemuan ini melanjutkan kolaborasi Sakamoto dengan sutradara Itali tersebut. Mereka kembali reuni lewat The Sheltering Sky di tahun 1990. 

Di Jepang, Ryuichi Sakamoto turut mendapat popularitas. Lagu buatnya untuk sebuah iklan berjudul Energy Flow menjadi lagu instrumen pertama yang menempati tangga musik.

Ia juga melanjutkan kariernya dengan membuat scoring untuk berbagai film, seperti The Revenant, Rage, Your Face, Minamata, Love After Love, Beckett, serta Exception di tahun 2022. 

Pada Juni 2014, Sakamoto didiagnosa kanker tenggorokan stadium tiga. Setahun kemudian ia dinyatakan sudah pulih dan akan melanjutkan pekerjaannya dengan sutradara Yoji Yamada. Ryuichi Sakamoto meninggal pada usia 71 tahun.