Din Syamsudin dan Lukman Hakim Saifuddin Sambut Penayangan Film Buya Hamka
Film Buya Hamka (Falcon Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Penayangan film Buya Hamka hari ini, Rabu, 19 April mendapat sambutan dari berbagai pihak. Mantan Ketua Umum MUI, Din Syamsuddin dan mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mendukung hadirnya film yang menceritakan perjalanan hidup tokoh asal Sumatera Barat itu.

Din Syamsuddin melihat film Buya Hamka bukan sekedar karya seni. Baginya, ada pesan dakwah yang bisa menjadi pencerahan bagi para penonton.

"Khususnya umat Islam, untuk berbondong-bondong untuk nonton Buya Hamka. Saya berkeyakinan film ini tidak sekedar karya seni, tapi adalah pesan dakwah, pesan pendidikan, dan merupakan pencerahan bagi kita semua," ujar Din Syamsuddin dalam rilis tertulis yang diterima VOI pada Rabu, 19 April.

Senada dengan Din, Lukman Hakim Saifuddin yang sudah tahu penggarapan film sejak lama mengaku senang dengan keberhasilan tim produksi yang berhasil menyelesaikan film Buya Hamka di momen yang tepat.

Lukman mengapresiasi pekerjaan para aktor dan tim produksi yang dengan baik bisa menggambarkan kompleksitas dari sosok Buya Hamka.

" Saya bersyukur akhirnya film ini bisa selesai juga. Karena pastinya membuat film ini tidaklah gampang. Sebagai ulama, Penyair, tokoh yang punya banyak keahlian, Buya Hamka juga merupakan tokoh nasional, sehingga tidak aneh jika pada saat pembuatannya kita akan seperti dihantui rasa kekurangan, takut ada yang kurang di film ini," kata Lukman Hakim Saifuddin.

"Karena itu, saya menyatakan wajib, tak hanya bagi umat Islam, melainkan umat beragama lain, untuk menonton film ini. Karena di sini kita bisa menauladani Buya Hamka sebagai tokoh nasional kita," sambungnya.

Di lain sisi, Vino G Bastian yang memerankan tokoh Buya Hamka mengucapkan rasa terimakasihnya kepada berbagai pihak yang sudah mendukung penayangan film garapan sutradara Fajar Bustomi itu.

Vino menilai film terbarunya itu telah dengan baik berupaya menggambarkan sosok Buya Hamka. Ia pun bercerita bagaimana proses panjang yang harus dilalui sebelum akhirnya film Buya Hamka digarap.

"Awalnya film ini memang berasal dari Pak Samsudin. Alhamdulillah kalau memang film ini bisa menjadi rujukan untuk teman-teman belajar tokoh-tokoh nasional kita dan ulama. Saya rasa cocok karena film ini pun dari mulai skripnya sudah melalui kualiti-kualiti yang luar biasa, mulai dari para tokoh-tokoh nasional, maupun dari ahli-ahli agama. Setelah filmnya keluar, sudah melalui kontrol dari orang-orang sejarah. Saya rasa bisa dijadikan salah satu materi pembelajaran di luar sekolah, materi pelengkap tentang nasional,” ujar Vino G Bastian.

Selain Vino G Bastian yang memerankan Buya Hamka, film ini juga turut dibintangi aktor kenamaan lainnya, seperti Laudya Chyntia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Anjasmara, Reza Rahardian, Ayu Laksmi, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus, Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.