Tips Bangun Pagi Tanpa Menyisakan Rasa Kantuk
Ilustrasi Bagun Pagi (Daria Shevtsova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA – Sering mengalami kesulitan saat bangun pagi? Atau mudah terbangun tapi rasa kantuk tak kunjung pergi? Sepertinya Anda perlu mencoba beberapa tips ampuh agar badan terasa lebih segar di pagi hari saat bangun. Jadi kantuk pun pergi dan Anda siap menjalankan aktivitas hari.

Buat jadwal tidur

Agar terhindar dari rasa kantuk berlebih saat bangun pagi, Anda wajib memiliki kualitas tidur yang cukup di malam hari. Caranya? Buat jadwal tidur sebaik mungkin dan usahakan selalu konsisten tidur di jam yang sama. Mungkin tubuh Anda butuh beradaptasi dengan kebiasaan ini, tapi lambat laun akan terbiasa.

Setelah jam tidur mulai teratur, jadikan bangun pagi sebagai sebuah kebiasaan. Bahkan lakukan juga hal ini saat Anda sedang libur.

Segera beranjak dari tempat tidur

Biasanya ‘ngulet’ atau bermalas-malasan di tempat tidur jadi hal paling nyaman dilakukan setelah bangun. Tapi ini justru mengundang rasa kantuk datang kembali. Anda bisa mengatasinya dengan cara langsung buka jendela atau nyalakan lampu sehingga mau tak mau mata terpaksa harus terbuka karena sorotan sinar.

Sinar yang menyoroti mata menjadi isyarat awal bagi otak untuk memproduksi melatonin, yaitu hormone yang mengatur tidur.

Minum air putih

Cara bangun pagi tanpa mengantuk yaitu dengan minum air putih. Minum air putih di pagi hari ketika perut kosong bisa melepaskan semua racun dan bisa memperbaiki sistem pencernaan. Sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang baik bagus untuk meningkatkan produktivitas.

Lakukan meditasi

Coba nikmati ketenangan saat pagi hari dengan bermeditasi. Tujuannya agar Anda bisa menjalankan aktivitas dengan baik setelah susah payah bangun pagi. Cukup lima hingga sepuluh menit menutup mata, berdiam diri, dan menghirup udara segar di waktu pagi bisa meningkatkan konsentrasi Anda seharian.

Olahraga ringan

Saat bangun tidur, suhu tubuh cenderung rendah. Ini merupakan salah satu penyebab mengapa rasa kantuk tetap melanda saat Anda bangun pagi. Agar tetap segar, lakukan warm up badan sehingga suhu tubuh perlahan menjadi normal. Lakukan senam atau gerakan yoga ringan hingga tubuh menjadi lebih rileks.

Cari hiburan

Bermain dengan anak, keponakan, atau hewan peliharaan bisa bantu menaikkan mood. Hari Anda pasti akan lebih ceria dan menyenangkan dengan transfer energi positif di pagi hari.