Sinopsis Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih, Horor Pesugihan Jawa yang Mencekam
Pemain Film Kajiman (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Film horor Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji karya penulis sekaligus sutradara Adriyanto Dewo suguhkan cerita horor khas Jawa yang erat dengan kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat.

Dalam film ini, Adriyanto menyajikan sebuah cerita pesugihan yang cukup banyak ditemukan dalam budaya Jawa. Selain itu, kepercayaan dalam budaya Jawa, seperti primbon dan weton turut dihadirkan dalam film ini.

"Pengen ciptain horor yang dari atmosfernya aja sudah seram," kata Adriyanto dikutip dari ANTARA, Sabtu, 13 Mei.

Bahkan, Adriyanto dan tim sempat melakukan riset untuk menggali fenomena pesugihan sebagai premis utama dalam film ini. Kemudian, film ini juga menyajikan sisi gelap manusia yang akhir-akhir ini banyak ditemukan, salah satunya pembunuhan.

Kajiman, sosok iblis dalam film ini merupakan makhluk mitologi dari budaya Jawa. Sosoknya dianggap kuat dan bisa dijadikan khodam untuk pesugihan. Iblis itu disebut akan mendekati manusia untuk dipengaruhi agar ikut dalam aliran sesat.

Produser film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, Perlita Desiani menilai film ini dikemas berbeda dari kebanyakan film horor. Baik dari alur, karakter, maupun penyajian dalam film ini yang berbeda dari film horor lainnya.

“Film ini menakutkan, mencekam, surprising di beberapa scene, mengagetkan,” kata Desiani.

Uniknya, selama proses syuting film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji salah satu pemain film ini, Tyo Pakusadewo sempat mengalami pengalaman mistis di lokasi syuting. Saat itu, replika kepala yang digunakan sebagai properti syuting bergerak sendiri dan hanya dirinya yang melihat hal tersebut.

"Kepala (replika) gerak sendiri," kata Tyo.

Ia pun sempat mendengar suara-suara aneh saat syuting berlangsung, dan baginya pengalaman syuting horor film ini merupakan salah satu hal terseram yang pernah ia alami. Saat promosi film berlangsung pun para pemeran sempat mendengar suara-suara aneh di lokasi promosi.

Adapun film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji menceritakan seorang perawat bernama Asha (Aghniny Haque) yang baru saja kehilangan ibunya. Untuk mengurangi kesedihan, Asha pun menerima tugas sebagai perawat pribadi di sebuah rumah dengan pasien lanjut usia. Pasien bernama Ismail (Tyo Pakusadewo) ini menderita penyakit misterius selama 3 tahun.

Setelah itu, kehidupan Asha berubah drastis. Kejadian-kejadian aneh dirasakan Asha, yang bermuara pada satu kesimpulan bahwa keluarga Ismail melakukan pesugihan dan makhluk astral bernama Kajiman selalu hadir meneror. Akankah Asha berhasil untuk terbebas dari teror makhluk tersebut?

Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji dibintangi oleh deretan artis Indonesia, yakni Aghniny Haque, Jourdy Pranata, Tyo Pakusadewo, Mian Tiara, Iedil Dzuhrie Alaudin, Rukman Rosadi, dan Ully Triani.