6 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Menurut Rekomendasi Dokter Kulit
Ilustrasi cara mengatasi kulit kepala kering (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara sederhana, penyebab kulit kepala kering karena kurangnya kelembapan. Beberapa faktor memengaruhi perubahan tingkat kelembapan kulit kepala. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang terlalu sering mencuci rambut sehingga produk sampo membuat kulit kepala kering. Lingkungan juga berperan selain juga seringnya Anda beraktivitas terpapar matahari.

Penting untuk diketahui, bahwa kulit kepala kering dan ketombe tampak mirip. Gejalanya hampir sama, tetapi sebenarnya berbeda. Kulit kepala kering adalah masalah hidrasi, sedangkan ketombe bisa karena dermatitis seboroik, jelas dokter kulit bersertifikat Hadley King dilansir Byrdie, Rabu, 31 Mei. Kalau untuk mengatasi kulit kepala kering dan mengembalikan kelembapannya, bisa mengikuti rekomendasi dokter berikut ini.

1. Menggunakan lulur kulit kepala

Lulur kulit kepala diformulasikan untuk membantu detoksifikasi dan melembapkan kulit kepala yang paling sensitif sekalipun. Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti sampo tetapi tetap perlu diikuti penggunaan kondisioner untuk mengunci kelembapan rambut.

cara mengatasi kulit kepala kering
Ilustrasi cara mengatasi kulit kepala kering (Freepik)

2. Gunakan minyak bergizi

Minyak dengan kandungan gizi baik tepat untuk mengembalikan kelembapan kulit kepala. Minyak untuk kulit kepala ini dipakai selagi mandi air hangat dan beruap setelah mandi. Pijatkan hingga lima tetes ke kulit kepala dan ratakan dengan lembut hingga ujung rambut.

3. Memanfaatkan bahan alami

Apabila Anda tertarik meracik ramuan obat untuk kulit kepala kering, bisa dengan mencampur minyak kelapa, cuka sari apel, dan lidah buaya. Ketiga bahan ini bisa membantu menenangkan kulit dan meminimalisir ketombe.

Setiap bahan yang disebutkan di atas, menurut ahli trikologi bersertifikat Gretchen Friese, bersifat antimikroba dan sering terdaftar dalam resep masker rambut DIY yang populer. Tambah King, menambahkan minyak pohon teh (tea tree oil) bisa juga membantu karena bersifat antibakteri, anti jamur, dan anti inflamasi.

cara mengatasi kulit kepala kering
Ilustrasi cara mengatasi kulit kepala kering (Freepik)

4. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dengan sisir atau jari-jari tangan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan penumpukan kotoran. Ini juga membuat sampo bekerja jauh lebih efektif. Anda juga dapat menggunakan scrub sebagai pengganti sikat, kata Friese.

5. Aplikasikan sampo kering untuk detoksifikasi

Memakai sampo terlalu banyak, bukan hal baik untuk rambut dan kulit kepala. Penumpukan residu sampo juga dapat memperburuk ketimbe bahkan mendorong kulit kepala kering dan terkelupas. Maka, Anda bisa menggunakan sampo kering untuk membantu detoksifikasi dan penyegaran.

6. Memakai tonik penyeimbang pH

Tonik rambut diformulasikan untuk memperbaiki kerusakan. Paling populer diformulasikan untuk menumbuhkan dan memperkuat rambut. Ada pula tonik yang diformulasi menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengembalikan kelembapannya lebih seimbang.

Itulah enam cara mengobati kulit kepala kering. Friese merekomendasikan untuk menghindari sampo yang mengandung bahan tertentu. Seperti alkohol, mentol, sulfat, dan kayu putih. Bahan ini menyebabkan pH kulit kepala tidak seimbang. Hindari juga memakai produk penataan rambut secara berlebihan.