Kenapa Nyamuk Suka Terbang Dekat Telinga? Ternyata Ini Alasannya
Nyamuk (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dengung suara nyamuk di dekat telinga memang sangat menyebalkan. Nyamuk seringkali berkeliaran di dekat telinga di saat kita lagi bersantai, asyik menonton film atau membaca buku, hingga saat sedang tidur. Banyak yang bertanya kenapa nyamuk suka terbang dekat telinga?

Selain menggigit dan menghisap darah, orang-orang benci dengan nyamuk karena suka terbang di dekat telinga. Serangga malam ini sering berdengung di dekat telinga dan sangat mengganggu kenyamanan. Suara dengungan tersebut dihasilkan dari kepakan sayap nyamuk. Anda pasti jengkel dan bertanya-tanya mengapa nyamuk suka terbang di dekat telinga? 

Kenapa Nyamuk Suka Terbang Dekat Telinga?

Ternyata ada beberapa alasan nyamuk suka terbang di dekat telinga manusia. Berikut ini penyebabnya:

Menyukai Bau Manusia

Secara alamiah, nyamuk suka dengan bau manusia. Serangga penyedot darah ini menyenangi bau keringat atau kelembaban tubuh manusia. Saat ada manusia di sekitarnya yang mengeluarkan aroma tersebut, nyamuk akan mendekat dan terbang di sekelilingnya. 

Tertarik Bau Karbondioksida

Area sekitar kepala manusia mengeluarkan zat karbondioksida. Nyamuk tertarik dengan bau karbondioksida sehingga kerap terbang di sekitar telinga manusia. Nyamuk betina mudah terangsang dengan adanya bau karbondioksida sehingga tertarik untuk mendekati telinga manusia. 

Menyenangi Hawa Panas Tubuh Manusia

Suhu di telinga manusia memiliki sifat paling konstan dan tinggi. Suhu tersebut mendekati suhu inti tubuh manusia. Karena nyamuk menyukai hawa tubuh manusia, makanya mereka sering mondar-mandir di dekat telinga. 

Cara Mengusir Nyamuk

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gangguan nyamuk. Berikut ini sejumlah cara yang perlu Anda lakukan agar nyamuk tidak mendekati Anda. 

  1. Kenakan pakaian berwarna terang karena nyamuk tertarik dengan warna gelap. 
  2. Mandi sebelum tidur untuk menghilangkan keringat. 
  3. Letakkan tanaman yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami. 
  4. Tutup bagian telinga dengan bantal atau selimut.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan kenapa nyamuk suka terbang dekat telinga. Nyamuk kerap berkeliaran di sekitar telinga karena mereka menyukai aroma yang dikeluarkan di area kepala manusia. Meski demikian, Anda bisa mencegah agar nyamuk tidak mendekat dengan beberapa cara di atas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.