Cara Mengetahui Bayi Alergi Susu Formula, Apa Penyebabnya?
Ilustrasi susu formula bayi (freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA -  Susu formula menjadi salah satu asupan nutisi yang bisa dipilih orang tua untuk diberikan kepada anak. Meski bermanfaat baik bagi gizi dan tumbuh kembang anak, namun tidak semua bayi cocok dengan susu formula. Beberapa bayi justru alergi dengan produk minuman ini. Lantas bagaimana cara mengetahui bayi alergi susu formula?

Orang tua wajib tahu cocok atau tidaknya asupan minuman yang diberikan kepada si bayi, salah satunya susu formula. Jika bayi tidak cocok mengonsumsi produk susu formula, maka akan mengalami gejala-gajala yang membahayakan bagi kesehatan. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan mengganggu tumbuh kembang anak. 

Ketika bayi tidak cocok dengan susu formula, si kecil akan menunjukkan tanda-tanda alergi yang bisa diamati oleh orangtua. Lantas bagaimana cara mengetahui bayi alergi susu formula?

Penyebab Bayi Alergi Susu Formula

Orang tua harus menerima dan menyadari fakta parenting bahwa tidak semua bayi cocok diberi susu formula. Tidak sedikit anak kecil yang alergi dengan susu formula disebabkan oleh respon imun bayi yang berlebihan terhadap satu protein dalam produk tersebut. 

Saat mengonsumsi susu formula, bayi juga bisa mengalami intoleransi laktosa karena reaksi tubuh yang tidak mampu mencerna laktosa yaitu gula alami dan susu hewani. Biasanya yang alergi dengan susu formula biasanya akan mengalami sejumlah tanda atau gejala yang berkaitan dengan kesehatannya. 

Cara Mengetahui Bayi Alergi Susu Formula

Berikut ini panduan bagi orang tua untuk mengetahui apakah anak nya cocok atau tidak mengonsumsi susu formula.

Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula

  • Mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut, diare, muntah, konstipasi, kolik, hingga buang air besar berdarah.
  • Masalah kesehatan kulit, seperti ruam merah dan gatal atau pembengkakan pada bibir, sekitar mata, dan wajah.
  • Mengalami masalah pernapasan, seperti napas berbunyi mengi, sesak napas, dan batuk.
  • Kondisi eksim yang tidak sembuh dengan pengobatan.
  • Reaksi anafilaksis yang membutuhkan pertolongan medis segera.

Bayi Cocok Mengonsumsi Susu Formula

  • Tidak rewel atau gelisah saat diberi minum susu formula.
  • Bayi tenang setelah mengonsumsi susu formula, menunjukkan bahwa ia merasa kenyang dan nyaman tanpa gejala alergi.
  • Bisa BAB dengan normal setelah minum susu formula.
  • Bobot naik mudah naik
  • Tak muncul ruam pada kulit

Demikianlah ulasan mengenai cara mengetahui bayi alergi susu formula. Apabila anak Anda menunjukkan tanda-tanda tidak cocok mengonsumsi susu formula, maka segera hentikan pemberian asupan tersebut kepada si kecil. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui asupan minuman yang cocok bagi anak Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.