Punya Rambut Rontok? 9 Ramuan Ayurveda Ini Bisa Bantu Kuatkan Helai dari Akar
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ayurveda adalah sistem pengobatan tradisional dari India, selain membantu seseorang mendapatkan kesehatan tubuh secara holistik, juga menawarkan serangkaian pengobatan alami untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut. 

Bagi Anda yang punya rambut rontok dan sudah melakukan segala cara mengatasinya namun belum berhasil, berikut sembilan ramuan ayurveda yang biasa digunakan untuk menguatkan rambut.

Bubuk Bhringraj

Bhringraj dikenal sebagai "raja herbal" untuk rambut. Dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok, dan menjaga warna rambut. Bubuk bhringraj dapat digunakan sebagai masker rambut atau dimasukkan ke dalam minyak rambut.

Ilustrasi Ramuan Ayurveda Penguat Rambut (Karolina Grabowska/Pexels)

Bubuk Amla

Amla, atau gooseberry India, kaya akan vitamin C dan antioksidan. Fungsinya meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah uban dini, dan menambah kilau pada rambut. Bubuk amla bisa dicampur dengan air sehingga membentuk pasta untuk kulit kepala atau dikombinasikan dengan bubuk lainnya.

Bubuk Neem

Neem memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit kepala seperti ketombe dan gatal-gatal. Bubuk nimba dapat ditambahkan ke masker rambut untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bubuk Kembang Sepatu (Hibiscus)

Bunga kembang sepatu dikemas dengan vitamin, asam amino, dan antioksidan. Ini membantu memperkuat rambut, mencegah rambut rontok, dan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Bubuk kembang sepatu dapat digunakan dalam masker rambut atau bilasan rambut.

Bubuk Methi (Fenugreek)

Biji fenugreek kaya akan protein dan asam nikotinat, yang mendorong pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut. Bubuk methi bisa dicampur dengan yogurt atau air untuk membuat masker rambut.

Shikakai Powder

Shikakai adalah pembersih alami yang tidak menghilangkan minyak alami rambut. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut, menambah kilau, dan mencegah ketombe. Bubuk Shikakai dapat digunakan sebagai pembersih rambut yang lembut.

Aritha (Soapnut) Powder

Aritha adalah pembersih alami yang membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit kepala tanpa menghilangkan minyak alaminya. Ini sering digunakan dalam kombinasi dengan bubuk lain untuk masker rambut.

Ilustrasi Ramuan Ayurveda untuk Kuatkan Rambut (Julia Volk/Pexels)

Bubuk Brahmi

Brahmi dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi kerontokan rambut akibat stres. Ini memelihara folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bubuk Brahmi dapat digunakan dengan campuran minyak atau masker rambut.

Bubuk Tulsi (Holy Basil)

Tulsi memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe. Bubuk tulsi bisa digunakan sebagai bahan masker rambut. Sebelum menggunakan bubuk ini, disarankan untuk melakukan uji menempelkan sedikit bubuk ke belakang daun telinga untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap salah satu bubuk tersebut. Anda bisa membuat masker rambut dengan mencampurkan bubuk ini dengan air, yogurt, atau minyak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda, biarkan selama waktu tertentu (biasanya sekitar 30 menit), lalu bilas dengan sampo ringan. Selain itu, hasil setiap individu mungkin berbeda-beda, dan konsistensi adalah kunci saat menggunakan pengobatan alami.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan kulit kepala yang mendasarinya, para ahli perawatan rambut yang disadur dari Times of India, menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memasukkan ramuan ayurveda untuk rambut ke dalam rutinitas perawatan Anda.