5 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Menurut Ahli Gizi
Ilustrasi manfaat air kelapa bagi kesehatan menurut ahli gizi (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak orang ketika diet menghindari minum air kelapa. Tetapi ternyata menurut ahli gizi, minuman segar ini banyak sekali manfaatnya. Menurut ahli nutrisi klinis, Jennifer Christman, RDN., LDN., CPT., pilihlah yang 100 persen air kelapa dan bebas bahan tambahan, seperti gula.

Air kelapa paling terkenal karena kemampuan melindungi elektrolit. Tetapi selengkapnya berikut ini manfaat air kelapa menurut ahli gizi.

1. Mendukung kesehatan jantung

Mengenai potasium, mendapatkan lebih banyak melalui air kelapa dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Itu karena potasium dapat membantu mengendurkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah yang sehat dan mengatur tingkat tekanan darah. Menurut ahli diet terdaftar, Sarah Olszewski, MS., RDN., CDN., mengonsumsi natrium berlebihan cenderung meningkatkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi dosis kalium, dapat melawan efek tersebut.

manfaat air kelapa bagi kesehatan menurut ahli gizi
Ilustrasi manfaat air kelapa bagi kesehatan (Freepik)

Ahli imunologi nutrisi dan komunikasi sains, Megan Meyer, Ph.D., memberikan penekanan khusus pada kandungan potasium dalam air kelapa. Kalau elektrolit dapat mendukung fungsi otot. Sedangkan potasium mengandung kalium yang membantu mencegah penekanan tekanan darah, penurunan kalsium pada tulang, dan menghindari risiko batu ginjal.

2. Rendah kalori

Apabila Anda sedang menjalani diet rendah kalori, wajar jika mempertanyakan tentang kandungan kalori dalam air kelapa. Dibandingkan jus dan soda, ternyata air kelapa lebih rendah kalori. Namun, menurunkan berat badan tidak akan sebaik air biasa yang bebas kalori.

“Mengganti minuman berkalori tinggi dengan air kelapa bisa menjadi pilihan yang lebih sehat bagi individu yang ingin mengatur berat badannya. Namun, beberapa produk air kelapa kemasan mungkin mengandung tambahan gula dan kandungan kalori lebih tinggi, yang mungkin tidak kondusif untuk penurunan berat badan. Sangat penting untuk membaca label dan memilih air kelapa murni tanpa pemanis jika memungkinkan,” saran Olszewski.

3. Menghidrasi tubuh

Minum cukup air setiap hari adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan Anda. Faktanya, Meyer mencatat bahwa wantita dan pria masing-masing minum sekitar 9-13 cangkir per hari.

manfaat air kelapa bagi kesehatan menurut ahli gizi
Ilustrasi kandungan dan manfaat air kelapa bagi kesehatan (Freepik/Lifestylememory)

Sedangkan air kelapa membantu orang memenuhi kebutuhan hidrasinya karena 95 persen adalah air. Selain itu, air kelapa mengandung antioksidan yagn dapat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh serta melindungi sel dari stres oksidatif.

4. Kaya nutrisi

Air kelapa yang dibeli di took megnandung sekitar 500 miligram potassium, 30-40 mg natrium, dan 4 persen nilai harian yang direkomendasikan untuk magnesium dan kalsium. Maka jika pola makan Anda kekurangan salah satu nutrisi ini, saran ahli diet terdaftar Joanna Gregg, RD., air kelapa mungkin bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan harian.

5. Mengisi elektrolit setelah berolahraga

Elektrolit adalah mineral yang tidak ditemukan dalam air yang membantu menjaga berbagai fungsi penting, termasuk hidrasi, fungsi otot, dan keseimbangan pH darah. Melansir Prevention, Kamis, 24 Agustus, saat Anda berkeringat, akan kehilangan elektrolit. Meskipun minuman olahraga dapat membantu mengisinya kembali setelah berolahraga, seringkali minuman olahraga mengandung tambahan gula yang tidak perlu. Makanya, perlu minum air kelapa murni supaya mendapatkan manfaat dua kali lipat meningkatkan jumlah elektrolit daripada minuman olahraga biasanya.

Kata Olszewski, minum air kelapa setiap hari dapat menjadi bagian dari pola makan sehat terutama bagi mereka yang tinggal di daerah beriklim panas dan banyak olahraga. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal, harus berhati-hati dengan jumlah air kelapa yang dikonsumsi.