Program Deliver Possibilities Dukung Pemberdayaan Disabilitas dengan Pelatihan Keriwausahaan
Pelatihan untuk Disabilitas (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Yayasan Berdaya Menembus Batas sukses menyelesaikan program pelatihan Entrepreneurship yang diadakan khusus bagi 100 peserta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh penyandang Disabilitas. Tujuan utama dari program ini adalah memberikan peserta wawasan mendalam terkait dunia kewirausahaan dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola bisnis UMKM.

Program bertemakan Deliver Possibilities ini diinisiasi oleh J&T Express sebagai perusahaan logistik dengan komitmen pemberdayaan UKM serta didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM). Pelatihan berlangsung selama enam hari mulai dari 30 Oktober hingga 4 November, diikuti dengan sesi penjurian untuk menentukan 10 besar pada tanggal 13-14 .

Pelatihan ini memusatkan tujuh tema utama, antara lain Product Marketing, Tech Adoption, Konten & Desain Virtual, Digital Advertisement, Maximizing Marketing Feature, Logistik Dasar & Cash Flow Management. 

Setiap peserta menjalani ujian atau post-test untuk setiap materi yang telah disampaikan, sambil diwajibkan menyusun proposal rencana bisnis yang akan dinilai oleh panel juri. Pada sesi penjurian pertama, 20 peserta dengan skor post test tertinggi diuji lebih lanjut dengan pertanyaan mendalam dari para juri terkait proposal bisnis mereka. Pada hari kedua penjurian, telah dipilih 10 besar yang akan mempresentasikan rencana bisnis yang mereka miliki.

Dalam sesi penjurian kedua, menjadi penentuan peringkat yang akan menerima total hadiah senilai Rp150 juta dalam bentuk pengadaan barang yang mendukung kelangsungan UMKM. Hadiah ini yang kemudian diberikan kepada 10 peserta terbaik untuk membantu pengembangan dan keberlangsungan usaha mereka.

"Dukungan penuh dari J&T Express dan KEMENKOPUKM sangat membantu kami dalam menyelenggarakan program ini. Kami berharap program ini memberikan kontribusi nyata bagi peserta dalam memajukan bisnis mereka di dunia kewirausahaan," ujar Yesaya Rapha selaku Project Manager dari Menembus Batas melalui siaran pers, Senin, 20 November.

"Saya sangat mengapresiasi kepada teman-teman dari Menembus Batas yang telah mendukung kami sejak hari pertama, kepada para trainer yang telah memberikan ilmu dan wawasan serta kepada dewan juri yang telah memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kaum disabilitas dan memberikan motivasi kepada kami, karena yang kami butuhkan bukanlah belas kasihan melainkan support dan dukungan yang nyata,” lanjutnya.

Program Deliver Possibilities berhasil menemukan ragam usaha kreatif yang meliputi fashion, kriya, F&B, dan lainnya. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dukungan pendanaan usaha bagi bisnis mereka.

“Kami mengapresiasi setiap UKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Kami percaya, setiap UKM memiliki keunggulannya masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga di titik akhir ini. Hasil program ini juga menjadi bukti bahwa UKM disabilitas Indonesia berdaya,” ujar Herline Septia selaku Brand Manager J&T Express.