Berisiko Sebabkan Perkelahian, Kenali Cara Mengendalikan Sifat Posesif pada Pasangan
Ilustrasi Pasangan Posesif (Christina Rivers/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki rasa cemburu pada pasangan merupakan hal wajar. Namanya juga sayang. Tapi, sikap cemburu berlebih bisa membuat Anda berubah jadi posesif. Padahal sifat posesif sangat merugikan hubungan. Hubungan bisa saja hancur karena kurangnya rasa percaya pada pasangan. 

Belum lagi, luapan emosi karena posesif bisa memancing keributan-keributan yang sebenarnya tidak penting. Kalau sudah begini, pasangan bisa jadi bosan berhubungan dengan Anda.

Nah, kalau Anda merasa punya sifat posesif dalam diri maka ini momen tepat untuk berubah. Agar hubungan Anda harmonis, ini cara tepat mengendalikan sifat posesif terhadap pasangan.

Hilangkan Rasa Insecure

Tak ada gunanya jika Anda merasa terlalu khawatir terhadap pasangan. Kalau Anda terlalu khawatir, ia semakin merasa kurang nyaman dengan Anda. Coba berikan kepercayaan pada pasangan Anda. Jaga komitmen hubungan yang kalian buat di awal. Kalau ada sikapnya yang buat Anda kurang nyaman, coba saja ditanya baik-baik. Jika ia peduli dengan perasaan Anda, pasangan akan menjelaskan duduk perkaranya. 

Lupakan Masa Lalu

Posesif juga bisa timbul karena kegagalan hubungan masa lalu. Mungkin sebelumnya Anda pernah dikhianati jadi saat menjalani hubungan baru, Anda berusaha melindungi perasaan agar tidak kecewa lagi. Dampaknya, Anda jadi posesif terhadap pasangan sekarang.

Dear woman, coba ikhlaskan saja masa lalu dan segala sakit hati yang menyertai. Keadaan memang tidak bisa dirubah, tapi mindset bisa. Lagian, menyimpan dendam juga bikin Anda tidak akan fokus dengan hubungan saat ini.

Kenal dengan Teman-temannya

Cara tepat mengendalikan sifat posesif yaitu kenal dengan teman-temannya. Jika Anda tahu lingkaran pertemanan pasangan, maka rasa posesif saat ia menghabiskan waktu bersama mereka pun jadi tidak beralasan. Justru, kalau mau Anda bisa ikut hang out bersama mereka. Biar adil kenalkan juga teman-teman Anda ke pasangan.

Nikmati Kehidupanmu

Kehidupan Anda tak selamanya berputar tentang pasangan, kan?. Daripada sibuk posesif, sebaiknya coba fokus ke hidup Anda sendiri. Coba menyenangkan diri dengan melakukan hal yang disukai. 

Tak perlu takut pasangan lari, justru ia malah senang karena Anda juga bisa mengatur kehidupan personal dengan baik. Kalau Anda juga sibuk dengan diri sendiri, jadi tidak punya waktu buat memikirkan hal buruk tentang pasangan.

Berhenti Memata-matai

Kehadiran media sosial memang sangat menggoda untuk memata-matai aktivitas pasangan. Namun, aktivitas ini justru bikin pasangan jadi kurang nyaman. Mendingan lakukan aktivitas lain daripada sibuk jadi spy agent kegiatan pasangan di media sosial.