Lokasi Pesta Kembang Api di Jogja: Yakin Gamau ke Sana?
Lokasi Pesta Kembang Api di Jogja (Gambar Arthur Chauvineau-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jika kalian memutuskan untuk melewati tahun baru di Yogyakarta, maka kalian harus tahu lokasi pesta kembang api di Jogja yang bagus spotnya.

Malam Tahun Baru umumnya dimeriahkan dengan acara kembang api. Bermacam tipe kembang api bakal menghiasi langit malam saat detik-detik pergantian tahun.

Sebelum pandemi Covid-19, banyak lokasi di Jogja yang dapat dituju buat menikmati kemeriahan acara kembang api. Warga tidak harus tiba dengan bawa kembang api sendiri, namun bisa cuma dengan datang saja serta melihat secara gratis.

Berikut ini beberapa titik posisi kembang api yang biasa jadi opsi masyarakat Jogja;

Lokasi Pesta Kembang Api di Jogja

1. Kaliurang

Destinasi wisata ini bakal ramai wisatawan mendekati malam pergantian tahun. Jalanan menuju areal halaman Kaliurang umumnya telah dipadati dengan kendaraan roda 2. Di tempat ini, tidak hanya dapat menikmati indahnya acara kembang api, wisatawan pula dapat merasakan hawa dingin khas lereng Gunung Merapi.

2. Tugu Jogja

Icon Kota Jogja ialah Tugu, di sana jadi tempat asik buat menyalakan kembang api. Seputaran Tugu sampai ke zona Pingit umumnya bakal mulai ramai semenjak jam 22.00 Wib. Puncaknya mendekati jam 00:00 Wib, letupan kembang api warna-warni telah mulai nampak.

3. Titik Nol

Titik Nol Jogja yang terletak di selatan Malioboro pula jadi magnet buat memperingati tahun baru. Ratusan masyarakat bakal memadati tempat ini buat menikmati kembang api yang menyala indah di langit Jogja. Wisatawan dapat bebas mengabadikan momen itu dengan ponsel mereka masing-masing.

4. Pantai Parangtritis

Untuk yang menginginkan posisi yang luas, pantai dapat jadi opsi buat menikmati acara kembang api. Pantai Parangtritis masih jadi favorit buat memperingati malam pergantian tahun. Umumnya, antrean kendaraan mulai mengular di gerbang pintu masuk pantai ataupun gerbang Tanda Pembayaran Retribusi (TPR) sejak sore hari. Wisatawan memang wajib sabar buat dapat memasuki daerah pantai saat sebelum akhirnya dapat menikmati tahun baru dengan bebas di pantai.

5. Bukit Bintang

Bukit Bintang di Patuk Gunungkidul jadi alternatif lain buat menikmati indahnya kembang api saat Tahun Baru. Di tempat ini, wisatawan dapat melihat hamparan lampu yang gemerlapan serta nampak sangat menawan dari atas bukit. Mendekati jam 00:00 Wib, wisatawan kembali dapat menikmati kembang api yang silih bersahutan dari bermacam arah.

Nah, seperti itu beberapa posisi di Jogja yang jadi tempat buat memperingati malam pergantian tahun.

Sultan HB X Minta Tak Ada Konvoi saat Perayaan Tahun Baru 2024

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta warga tidak melaksanakan konvoi kendaraan bermotor saat memperingati malam Tahun Baru 2024.

"Harapannya, orang yang melihat pertunjukan beserta kendaraannya tidak beranjak berkeliling kota sampai menaikkan kepadatan di kota," kata Sultan HB X dilansir dari laman resmi Pemda DIY di Yogyakarta, Jumat, 22 Desember.

Sultan mengatakan pada libur Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 diperkirakan sebanyak 4,45 juta orang mendatangi DIY, baik yang sekedar lewat ataupun mampir maupun menginap di Yogyakarta.

Sedangkan itu, puncak keramaian di DIY diprediksi berlangsung pada malam pergantian Tahun 2023 ke 2024.

"Sehingga kita butuh mencermati arus lalu lintas yang tiba ataupun nanti keluar lagi selaku wujud pelayanan yang baik untuk seluruh warga masyarakat," tutur Raja Keraton Yogyakarta itu.

Sultan mengimbau seluruh kabupaten sanggup menciptakan titik-titik keramaian warga pada malam pergantian tahun sehingga jadi solusi mengurai kepadatan warga ataupun kendaraan di Kota Yogyakarta." Kami berharap bermacam kegiatan yang bakal diselenggarakan di kabupaten-kabupaten itu dapat disosialisasikan," kata Sultan.

Saat ini telah ada rencana 15 titik acara kembang api yang tersebar di banyak objek wisata di DIY.

Perihal itu jadi salah satu metode Pemda DIY memecah konsentrasi di Kota Yogyakarta, dengan waktu pertunjukan acara kembang api yang umumnya berlangsung sekitar jam 22.00 sampai lebih dari jam 24.00 Wib.

Selain itu ini beberapa refrensi “Destinasi di Jogja untuk Malam Tahun Baru” agar liburan kalian makin meriah tentunya.

Jadi setelah mengetahui lokasi pesta kembang api di Jogja, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!