Golongan Darah Paling Banyak di Indonesia serta Data Penduduknya
Golongan darah paling banyak di Indonesia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada empat tipe golongan darah yang dikenali secara umum, yaitu A, B, AB, dan O. Namun dalam klasifikasinya ada delapan jenis golongan darah yang dilihat dari tipe rhesusnya, yakni positif dan negatif. Lantas apa golongan darah paling banyak di Indonesia?

Golongan darah yang paling banyak atau mendominasi di Indonesia adalah golongan darah O. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga Desember 2022, tercatat ada sebanyak 17,62 orang Indonesia yang bergolongan darah O. 

Golongan Darah O Paling Banyak di Indonesia

Secara keseluruhan warga negara Indonesia dominan atau kebanyakan memiliki golongan darah O. Ada sebanyak 444.361 orang Indonesia yang memiliki golongan darah O dengan rhesus positif atau O+. Sebanyak 348.836 penduduk Indonesia memiliki golongan darah O-. 

Data golongan darah A penduduk Indonesia tercatat berjumlah lebih sedikit, yakni sebanyak 8,21 juta orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 711.290 orang memiliki golongan darah A+. Sedangkan pemilik golongan darah A- ada sebanyak 42.456 orang. 

Penduduk Indonesia yang memiliki golongan darah B ada sebanyak 8,43 juta orang. Orang dengan golongan darah B+ berjumlah 464.132 orang. Sementara orang dengan golongan darah B- ada sebanyak 30.722 orang. 

Untuk masyarakat Indonesia bergolongan darah AB ada sebanyak 3,28 juta orang. Sebanyak 150.960 orang memiliki golongan darah AB+ dan sejumlah 45.019 orang bergolongan darah AB-.

Fakta Menarik Golongan Darah O

Golongan darah O menjadi tipe golongan darah yang bersifat universal. Golongan darah O rhesus negatif (O-) bisa didonorkan kepada semua jenis golongan darah. Selain itu, golongan darah ini juga memiliki risiko pembekuan darah lebih rendah. 

Berikut ini beberapa fakta menarik golongan darah O yang perlu dipahami:

Bersifat Universal

Salah satu kelebihan dari golongan darah O adalah bersifat universal karena bisa didonorkan untuk berbagai jenis golongan darah. Golongan darah O- tidak memiliki antigen, sehingga risikonya lebih kecil untuk menimbulkan reaksi transfusi darah. 

Golongan darah ini bisa mendonorkan darahnya ke golongan darah rhesus positif seperti AB+, O+, B+, maupun A+. Namun golongan darah jenis ini hanya bisa menerima transfusi darah dari jenis golongan darah yang sama. 

Risiko Pembekuan Darah Lebih Rendah

Golongan darah O memiliki risiko lebih rendah dalam mengalami pembekuan darah. Golongan darah tipe ini memiliki jumlah protein yang lebih rendah dibandingkan dengan golongan darah lainnya. 

Jadi golongan darah O lebih aman dari risiko terjadinya pembekuan darah. Meski mempunyai kelebihan tersebut, pemilik darah O tetap perlu berhati-hati dan menjaga kesehatannya agar terhindar dari masalah pembekuan darah. 

Lebih Berisiko Mengalami Masalah Kesuburan Wanita

Golongan darah O memiliki risiko lebih tinggi pada masalah kesuburan wanita. Berdasarkan penelitian dari Albert Einstein College of Medicine pada tahun 2011 menyebutkan bahwa wanita bergolongan darah O memiliki kadar hormon perangsang folikel atau follicle-stimulating hormone (FSH) yang lebih banyak dibandingkan tipe golongan darah lain. 

Kadar FSH tinggi berkaitan dengan jumlah cadangan sel telur (ovum) yang lebih rendah atau diminished ovarian reserve. Kondisi ini dapat memicu infertilitas pada wanita. Namun hal ini tidak serta merta membuat wanita dengan golongan darah O pasti mengalami masalah kesuburan. 

Risiko Lebih Rendah Mengalami Alzheimer

Golongan darah O memiliki kadar gray matter yang lebih tinggi dibandingkan golongan darah tipe lainnya. Gray matter merupakan bagian otak yang mempunyai peran penting memproses informasi dan ingatan di dalam otak. Kadar bagian gray matter otak yang lebih tinggi bisa membantu terhindar dari penyakit kemampuan daya ingat, seperti Alzheimer dan demensia. 

Demikianlah ulasan mengenai golongan darah paling banyak di Indonesia dan persentase penduduk yang memiliki golongan darah. Kebanyak atau dominan masyarakat Indonesia bergolongan darah O. Baca juga golongan darah langka di dunia

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.