7 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan, Bisa Bantu Atasi Jerawat!
Ilustrasi pil KB (Foto: Pixabay/Anqa)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan, dengan tingkat keberhasilan hingga 99 persen. Selain menunda kehamilan, pil KB ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apa saja? Yuk simak manfaat Pil KB selain mencegah kehamilan dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

 Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 4 Februari 2024, berikut sejumlah manfaat dari Pil KB selain untuk mencegah atau menunda kehamilan:

1. Membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur

Ada banyak wanita yang menggunakan pil KB dengan tujuan membuat siklus menstruasi lebih teratur.

Perlu diketahui, siklus haid yang tidak teratur umumya disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi. Nah, konsumsi pil kontrasepsi hormonal seperti pil KB dapat membantu memperbaiki hormon tersebut.

Selain itu, hormon dalam pil KB juga bisa mengurangi kram menstruasi dan membuat haid menjadi lebih ringan.

2. Membantu mengatasi jerawat hormonal

Salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah adalah peningkatan kadar hormon androgen (testosterone). Hormon tersebut bisa memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih di wajah. Bila sudah begitu, pori-pori dikulit bisa tersumbat dan muncul jerawat.

Nah konsumsi pil KB ternyata dapat menurunkan produksi androgen di tubuh wanita. Artinya, pil KB dapat digunakan untuk mengatasi jerawat hormonal.

3. Mengatasi migrain saat menstruasi

Manfaat Pil KB yang berikutnya adalah membantu mengatasi migran saat menstruasi. Masalah kesehatan ini kemungkinan dipicu oleh penurunan hormon estrogen yang terjadi ketika menstruasi. Oleh sebab itu, konsumsi pil KB kombinasi bisa membantu menyeimbangkan perubahan kadar hormon dan mengurangi risiko terjadinya migrain ketika menstruasi.

4. Mengatasi endometriosis

Endometriosis adalah sebuaah kondisi di mana jaringan yang melapisi Rahim (endometrium) tumbuh di area selain rahim. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan abnormal serta kram atau nyeri sebelum dan selama menstruasi.

Penggunaan pil KB dapat mengurangi penumpukan jaringan dalam rahim. Alat kontrasepsi hormonal ini dapat menurunkan risiko tumbuhnya endrometrium di luar rahim serta mengurangi frekuensi menstruasi.

5. Mengurangi risiko terjadinya kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan tidak berbentuk pada ovarium. Kantung kecil tersebut umumnya tidak berbahaya, namun terkadang menyakitkan. Khususnya bagi wanita pengida sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang umumnya memiliki sejumlah kista kecil pada ovarium mereka.

Konsumsi pil KB dipercaya dapat menurunkan kista ovarium, sebab bisa mencegah terjadinya ovulasi. Obulasi yang tidak terjadi bisa mencegah pembentukan kista tersebut.

6. Menurunkan risiko kanker ovarium

Manfaat pil KB selain mencegah kehamilan yang selanjutnya adalah menurunkan risiko kanker rahim atau kanker ovarium.

Berdasarkan riset yang dilakukan British Medical Journal pada tahun 2018, penggunaan pil KB kombinaasi bisa megurangi risiko kanker ovarium hingga 21 persen. Pil KB yang dimaksud adalah yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron.

7. Membantu mengatasi anemia

Saat haid, wanita bisa mengalami pendarahan yang berlebihan. Dalam medis, kondisi ini disebut menorrhagia. Bila tidak segera diobati, tubuh bisa kehilangan banyak sel darah merah sehingga meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Konsumsi pil KB dengan suplemen zat besi bisa membantu mencegah anemia. Pil KB dapat mengurangi jumlah pendarahan ketika menstruasi.

Demikian informasi tentang manfaat pil KB selain mencegah kehamilan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.