Pengertian dan Manfaat Role Model bagi Individu dalam Menjalani Hidup
Role model adalah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah Anda memiliki sosok atau tokoh yang diidolakan? Tidak hanya sekedar ngefans atau kagum, namun Anda juga berkeinginan untuk mengikuti hingga menjadi seperti orang itu bisa dalam hal pendidikan, bisnis, leadership, dan sebagainya. Konsep ini disebut dengan role model.

Role model adalah contoh atau panutan dari seseorang dalam menjalani hidup. Biasanya setiap orang memiliki tokoh idola yang dijadikan sebagai teladan dalam melakukan berbagai hal berhubungan dengan perilaku baik. Role model ini biasanya diambil dari seseorang yang memiliki pengaruh besar, sehingga orang ingin mengikuti sikap atau perilakunya. 

Seseorang yang menjadi role model biasanya berkarakteristik kuat dan kharismatik, serta memiliki prinsip-prinsip yang baik. Tidak selalu tokoh-tokoh terkenal seperti publik figur, guru, selebritis, tapi role model juga bisa dari keluarga seperti orang tua. Lantas apa itu role model dan manfaatnya dalam kehidupan seseorang?

Pengertian Role Model

Role model adalah seseorang atau sosok yang bisa menjadi teladan baik bagi orang lain, baik dari segi perilaku maupun pola pikirnya dalam memaknai kehidupan sehari-hari. Seseorang yang biasanya dijadikan role model adalah sosok yang memiliki pengaruh, baik di lingkungan masyarakat, organisasi, perusahaan, hingga keluarga.

Jadi role model bisa diartikan sebagai seseorang yang dapat menjadi contoh dan panutan dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Berdasarkan Cambridge Dictionary, role model adalah orang yang dikagumi seseorang untuk ditiru kebiasaannya. Ada banyak orang yang bisa menjadi role model dan setiap individu memiliki tokoh idolanya masing-masing sesuai dengan pandangannya dan nilai-nilai yang dipegang dalam kehidupan. 

Siapapun mungkin bisa menjadi role model, namun tidak semua orang bisa menjadi panutan dan teladan yang diikuti banyak orang. Untuk menjadi seorang role model tidaklah mudah, sebab mereka harus mempunyai sifat dan pengaruh yang dapat ditiru untuk menjalani pribadi yang lebih baik. 

Misalnya seperti seorang pemimpin dalam pemerintahan, perusahaan, maupun organisasi. Seorang role model harus menjadi pemimpin yang berkarakter baik dan memiliki pola pikir cerdas serta sangat strategis untuk dicontoh oleh bawahan atau pengikutnya. Untuk berada dalam posisi pantas sebagai role model, seseorang tentunya sudah berpengalaman dan banyak belajar. 

Peran yang diemban oleh role model sangatlah besar karena dia harus memberikan contoh dan mengamalkan nilai-nilai yang baik. Segala pola pikir dan tindakan yang dilakukan oleh role model harus memberikan pandangan atau visi-misi yang baik untuk mencapai tujuan tertentu. 

Role model bukan berarti dimaknai sebagai posisi pemimpin. Lebih dari itu, role model adalah orang-orang atau siapapun yang di dalam dirinya memiliki jiwa leadership sehingga memberikan pengaruh kuat bagi banyak orang. Jadi role model tidak harus mereka yang memegang jabatan sebagai pemimpin. 

Seseorang yang dicap sebagai role model bisa datang dari berbagai bidang. Misalnya dalam bidang pendidikan, banyak anak mudah mengidolakan Maudy Ayunda sebagai wanita yang berprestasi dan berkepribadian baik. Contoh lain dalam dunia jurnalistik, banyak yang ngefans dengan Najwa Shihab sebagai perempuan yang memiliki integritas dan dedikasi tinggi pada dunia jurnalistik. 

Mengapa Penting Memiliki Role Model dalam Hidup?

Sejak kecil kita biasa ditanya ‘siapa tokoh idola atau yang dikagumi?’. Di balik pertanyaan sederhana tersebut terdapat maksud dari pentingnya memiliki role model sebagai panutan atau contoh yang harus ditiru. Adanya role model berperan sebagai pembelajaran dan motivasi bagi diri seseorang untuk bisa mengejar atau mencapai titik tertentu. 

Role model juga membantu seseorang dalam menentukan tujuan hidup dan mengetahui langkah-langkah yang harus dijalani untuk mencapai kesuksesan berdasarkan versinya masing-masing. Berikut ini beberapa manfaatnya pentingnya memiliki role model dalam hidup:

  • Membangun motivasi dan inspirasi
  • Mengetahui tujuan hidup dan proses yang harus ditempuh
  • Belajar dari pengalaman
  • Membantu bisa resilience atau kuat mengatasi rintangan
  • Menanamkan karakter dan nilai-nilai baik
  • Menjadi bisa memahami dan mengenali diri sendiri
  • Menghargai proses dan kerja keras

Demikianlah ulasan mengenai apa itu role model dan pentingnya dalam kehidupan setiap individu. Role model adalah sosok yang dijadikan sebagai panutan, sehingga seseorang bisa menerapkannya untuk menjalani hidup dengan lebih baik dalam berbagai hal. Baca juga leadership skill yang wajib dimiliki setiap orang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.