4 Cara Mengatasi Pasangan yang Kurang Inisiatif dalam Bercinta
Ilustrasi cara mengatasi pasangan kurang inisiatif dalam bercinta (Freepik/karlyukav)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika pasangan kurang berinisiatif untuk bercinta, banyak faktor yang menyebabkan. Apabila Anda dan pasangan sudah menikah, keintiman mungkin mengalami pasang surut. Termasuk mengalami masalah siapa yang berinisiatif dan kenapa yang lainnya pasif. Anda mungkin memiliki pertanyaan besar soal penyebabnya. Ada beberapa cara untuk mengatasi masa-masa ranjang yang “dingin” ini, berikut daftarnya.

1. Berkomunikasi secara jujur

Komunikasi adalah langkah pertama dalam mengatasi masalah apapun. Pasangan mungkin tidak berinisiatif untuk bercinta karena berbagai alasan yang mempersulitnya. Lewat komunikasi secara jujur dan membicarakan persoalan ini, Anda dan pasangan akan mempelajari cara mengatasinya.

Pasangan kurang inisiatif bercinta, mungkin memiliki kecemasan, trauma, atau perbedaan hasrat yang signifikan. Jika Anda dan pasangan saling berdiskusi secara terbuka, hal ini dapat membantu memperbaiki kehidupan seks menjadi lebih memuaskan.

cara mengatasi pasangan kurang inisiatif dalam bercinta
Ilustrasi cara mengatasi pasangan kurang inisiatif dalam bercinta (Freepik/DC Studio)

2. Menemui terapi hubungan

Apabila menghadapi tantangan dalam keintiman, atau kurangnya kehangatan, terapis seks berlisensi dapat membantu menemukan strategi dari masalah terkait keintiman. Melansir PsychCentral, Rabu, 6 Maret, seorang terapis seks tidak hanya membantu Anda mendapatkan kehidupan seks lebih baik. Tetapi juga mengatasi penyebab paling mendasar dari kurangnya keintiman.

3. Buat pasangan Anda merasa diinginkan

Mengambil langkah-langkah untuk pasangan merasa diinginkan sangatlah penting. Anda bisa mencoba lebih sering memuji atau menggoda pasangan Anda. Misalnya melakukan banyak sentuhan yang tidak bersifat seksual, seperti berpelukan atau ciuman. Ini dapat membuat pasangan Anda merasa spesial dan dihargai.

4. Menjalankan peran dalam pekerjaan rumah tangga

Salah satu alasan pasangan kurang inisiatif dalam bercinta, adalah karena lebih banyak melakukan tugas rumah tangga. Penelitian tahun 2022 menunjukkan, perempuan cenderung mengambil lebih banyak pekerjaan rumah tangga dan lebih sering menganggap tidak adil dibanding pria. Peneliti juga berpendapat bahwa ini alasan rendahnya hasrat seksual pada wanita.

Di samping cara mengatasi pasangan kurang inisiatif dalam bercinta di atas, penting pula membangun keintiman emosional dan hasrat seksual. Keduanya saling berkaitan untuk pasangan merasa dekat, hangat, aman, dan nyaman.