7 Manfaat Psikologis Bukber, Kurangi Stres hingga Bangun Rasa Empati
Ilustrasi buka puasa bersama (Foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di bulan Ramadan, buka puasa bersama atau bukber merupakan kegiatan yang ditunggu banyak orang.

Momen ini seringkali dimanfaatkan untuk berjumpa dan berkomunikasi dengan keluarga, saudara, bahkan teman-teman lama yang sudah jarang ditemui.

Kehadiran mereka bisa memberikan manfaat psikologis bukber, seperti menghilangkan stres, memberi dukungan psikologis, mendorong rasa empati, dan lain sebagainya.

Manfaat Psikologis Bukber

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan beberapa manfaat bukber secara psikologis yang perlu Anda ketahui.

1. Mengurangi stres

Bagi orang dewasa, pekerjaan merupakan sumber stres yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari, diikuti oleh uang, masalah keuangan, dan masalah keluarga.

Nah, bertemu dan mendapatkan dukungan dari support system bisa membantu Anda mengurangi stres yang sedang dirasakan.

Dukungan emosional yang didapat dari orang tersayang pada saat bukber akan membuat Anda merasa lebih Bahagia, tenang dan mengurangi stres yang dirasakan pada saat itu.

2. Mendapatkan dukungan psikologis

Manfaat buka bersama yang berikutnya adalah Anda bisa mendapatkan dukungan psikologis dari orang-orang terdekat.

Kehadiran mereka akan menjadi support system sehingga Anda merasa lebih nyaman dan aman dalam berkeluh kesah.

Support system yang baik akan memberikan dukungan emosional tanpa penghakiman atau menjatuhkan.

Bukber dengan orang terdekat bisa dijadikan sebagai momen untuk mendapatkan dukungan psikologis dari orang-orang yang peduli dengan Anda. Bila memungkinkan, Anda juga bisa memberikan dukungan kepada orang yang disayangi.

3. Memiliki kesehatan mental yang lebih baik

Kehadiran support system dalam acara buka puasa bersama juga bisa membuat Anda lebih sehat secara mental maupun fisik.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Psychology, seorang yang mempunyai support system menunjukkan kesehatan yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak memilikinya.

4. Menciptakan mood yang positif

Selain membuat Anda lebih sehat secara mental, kehadiran orang tersayang dalam acara bukber juga bisa memberikan dampak positif pada mood atau suasana hati.

Terlebih bila acara buka bersama dibarengi dengan kegiatan berbagi makanan atau kegiatan amal. Hal ini mbisa meningkatkan kepuasan hidup, meningkatkan kebahagiaan, serta menimbulkan rasa bersyukur.

5. Meningkatkan harga diri

Memiliki seseorang yang dapat diandalkan bisa membuat anda merasa lebih baik dan berhaga dalam menilai diri sendiri.

Kehadiran Anda yang dibutuhkan orang-orang terdekat, bisa meningkatkan rasa percaya diri dan self-esteem.

Momen bukber tidak hanya untuk mendapatkan dukungan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memberikan dukungan pada orang-orang terdekat yang Anda temui.

6. Mempererat persaudaraan

Buka puasa bersama kerabat atau orang terdekat bisa mempererat persaudaraan dan memperkuat rasa kebersamaan.

Bagi orang-orang yang merasa kesepian, buka puasa bersama bisa menjadi kesempatan untuk terhubung dengan orang lain dan mengurangi rasa kesepian.

7. Membangun rasa empati dan kepedulian

Lewat acara buka bersama, Anda bisa belajar untuk lebih memahami dan peduli terhadap perasaan serta kebutuhan orang lain.

Ketika berbuka puasa bersama, Anda bisa merasakan betapa beruntungnya Anda karena mempunyai makanan untuk berbuka, sementara ada banyak orang di sekiling kita yang tidak seberuntung itu.

Demikian informasi tentang manfaat psikologis bukber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.