Efek Samping Minum Air Kelapa Muda Jika Diminum Secara Berlebihan
Efek Samping Minum Air Kelapa Muda (Gambar Xiaoyu Li - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Air kelapa muda sedari dulu dipercaya sebagai penyembuh beberapa keluhan penyakit seperti diare, demam berdarah, alergi serta membersihkan kulit berjerawat dan membuat kulit menjadi mulus. Selain itu air kelapa juga kerap kali dijadikan sebagai bahan baku minuman segar. Namun tahukah kalian soal efek samping minum air kelapa muda seperti apa? Yuk kita bahas!

Kenapa air kelapa begitu banyak digemari, alasannya karena mengandung begitu banyak nutrisi seperti asam amino, enzim, antioksidan, mineral seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks, kalsium, potasium, magnesium, seng, mangan dan zat besi.

Walaupun banyak khasiat, air kelapa tidak selamanya memberikan manfaat untuk kesehatan. Ada pula efek samping air kelapa apabila dikonsumsi terlalu banyak. Di antaranya yaitu:

Efek Samping Minum Air Kelapa Muda

1. Alergi

Walaupun jarang, air kelapa muda pula bisa merangsang respon alergi. Efek samping air kelapa muda ini diisyarati dengan timbulnya keluhan berbentuk gatal, sakit perut, diare, pembengkakan pada bibir serta lidah, dan sesak nafas pada saat mengkonsumsi daging ataupun air kelapa muda.

Apabila Kalian mempunyai alergi kelapa, jauhilah mengkonsumsi air kelapa, santan, serta produk lain yang dibuat dari kelapa.

2. Diare

Salah satu manfaat air kelapa muda yang sangat terkenal yaitu buat menanggulangi dehidrasi ataupun kehabisan cairan yang terjadi saat diare. Tetapi, bila dikonsumsi secara berlebihan, air kelapa malah bisa memberikan efek pencahar atau tingkatkan frekuensi buang air besar.

Tidak hanya itu, isi gula dalam kelapa berjenis oligosakarida. Gula tipe ini bisa menimbulkan diare serta memperparah gejala sindrom iritasi usus besar. Oligosakarida mempunyai efek laksatif yang bisa menarik air masuk ke dalam saluran cerna serta membuat konsistensi tinja jadi lebih lunak, apalagi cair.

3. Penurunan Tekanan Darah

Beberapa riset menunjukkan kalau komsumsi air kelapa muda bisa menurunkan tekanan darah. Untuk penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), komsumsi air kelapa pasti bisa memberikan manfaat positif.

Tetapi, lain halnya bila Kalian mempunyai tekanan darah rendah (hipotensi). Apabila Kalian mengidap hipotensi ataupun hendak menempuh operasi, hendaknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu bila mau mengkonsumsi air kelapa muda. Perihal tersebut dilakukan buat menghindari efek samping air kelapa muda berupa penurunan tekanan darah.

4. Gangguan Pada Ginjal serta Jantung

Efek samping air kelapa muda yang lain yaitu menimbulkan gangguan pada ginjal serta jantung. Perihal ini sebab air kelapa muda kaya akan isi kalium. Mengkonsumsi kalium secara berlebihan bisa menimbulkan kadar kalium dalam darah bertambah (hiperkalemia).

Di kala alami hiperkalemia, ginjal tidak sanggup membuang kelebihan kalium dalam badan, sehingga menumpuk dalam darah serta mempengaruhi jantung. Penimbunan kalium bisa menimbulkan detak jantung jadi tidak teratur, nyeri dada, bahkan serangan jantung.

5. Mempunyai Sifat Diuretik

Efek samping air kelapa apabila terlalu banyak dikonsumsi dapat membuat kalian kerap buang air kecil. Perihal ini disebabkan air kelapa mempunyai sifat diuretik. Walaupun salah satu khasiat dari air kelapa dapat menghidrasi badan, tetapi apabila sangat banyak meminumnya membuatnya jadi tidak sehat.

6. Menimbulkan Kejang Otot

Jangan mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan pada saat kalian lagi berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Perihal ini disebabkan salah satu efek samping air kelapa, yaitu dapat menimbulkan kejang otot serta rasa letih di badan akibat dari kandungan kalsium dalam isi air kelapa yang sangat berlebihan.

Itulah beberapa efek samping air kelapa untuk tubuh. Walaupun air kelapa mempunyai banyak khasiat untuk badan, kalian wajib senantiasa waspada dengan efek samping air kelapa. Ada baiknya buat melindungi kesehatan kalian juga mengkonsumsi vitamin.

Selain pembahasan efek samping, kalian perlu membaca juga : “10 Manfaat Air Kelapa Muda”.

Jadi setelah mengetahui efek samping minum air kelapa muda, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!