Amalan Malam Nuzulul Quran yang Tak Boleh Terlewatkan
Amalan Malam Nuzulul Quran (Gambar Raw Pixel - Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Amalan malam Nuzulul Quran memanglah begitu penting untuk diketahui setiap umat Islam. Oleh karenanya, kita akan membahas, apa saja amalannya, simak sampai selesai ya!

Nuzulul Quran ialah peristiwa turunnya Al-Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa tersebut diperingati umat muslim tiap tanggal 17 Ramadhan.

Bila dikonversi ke dalam kalender Masehi, tahun ini, malam Nuzulul Quran jatuh pada hari ini Rabu, 27 Maret 2024, ketika memasuki waktu Magrib. Nah, berikut ini beberapa amalan yang disarankan untuk umat muslim di malam Nuzulul Quran.

Amalan Malam Nuzulul Quran

1. Berdoa

Umat muslim disarankan buat senantiasa berdoa, termasuk pada malam Nuzulul Quran. Lewat doa, seorang bisa berkomunikasi dengan Allah SWT serta memohon berbagai kebaikan dan perlindungan-Nya.

Doa juga merupakan salah satu sebab terkabulnya hajat serta terhapusnya dosa. Salah satu doa yang umat muslim lakukan pada malam Nuzulul Quran, yakni:

اللَّهُمَّنَوِّرْقُلُوبَنَابِتِلاوَةِالْقُرْآنِ،وَزَيِّنْأَخْلَاقَنَابِجَاهِلِالْقُرْآنِ،وَحَسِّنْأَعْمَالَنَابِذِكْرِالْقُرْآنِ،وَنَجِّنَامِنَالنَّارِبِقُرْآنِهِ،وَأَدْخِلْنَاالْجَنَّةَبِشَفَاعَةِالْقُرْآنِ.

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan,wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa`til qur aan.

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami karena membaca Al-Qur`an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur`an, baguskanlah amalan kami sebab berdzikir melalui Al-Qur`an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur`an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa`at Al-Qur`an."

2. Membaca Al-Quran

Salah satu amalan yang disarankan pada malam Nuzulul Quran yaitu membaca Al-Quran. Perihal ini dilakukan selaku wujud penghormatan serta penghargaan terhadap kitab suci umat Islam yang jadi pedoman hidup.

Ada pula salah satu keutamaan yang didapat untuk seorang yang membaca Al-Quran yaitu bakal mendapatkan pahala yang berlipat. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Masud.

Rasulullah SAW bersabda:

عنعَبْدَاللَّهِبْنَمَسْعُودٍ،يَقُولُ:قَالَرَسُولُاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَ:مَنْقَرَأَحَرْفًامِنْكِتَابِاللَّهِفَلَهُبِهِحَسَنَةٌ،وَالحَسَنَةُبِعَشْرِأَمْثَالِهَا،لَاأَقُولُالمحَرْفٌ،وَلَكِنْأَلِفٌحَرْفٌوَلَامٌحَرْفٌوَمِيمٌحَرْفٌ

Artinya: Dari Abdullah Ibnu Masud, Rasulullah Saw bersabda, "barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah( Al- Quran), maka ia akan mendapatkan satu kebaikan. Sebaliknya satu kebaikan dilipatkan dengan 10 semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, serta mîm satu huruf." (HR. At- Tirmidzi: 2835).

Hadits tersebut menarangkan kalau Allah SWT melipatgandakan pahala untuk mereka yang membaca Al Quran pada bulan-bulan biasa. Tetapi, pahala tersebut bakal berlipat-lipat lebih besar dikala membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, terutama karena bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran.

3. Sholat Malam

Amalan berikutnya yang bisa dikerjakan pada malam Nuzulul Quran yaitu melakukan sholat malam. Sholat malam yang diartikan semacam sholat tahajud, sholat taubat, sholat hajat, serta sholat-sholat sunnah yang lain.

Ada pula beberapa keutamaan yang bisa diraih apabila mengerjakan sholat malam, di antaranya:

  • Shalat malam ialah shalat yang paling utama sehabis shalat maktubah (5 waktu).
  • Mempunyai keutamaan seperti sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia).
  • Jadi karakteristik khas orang-orang shalih.
  • Allah membanggakan hambanya yang melaksanakan shalat tahajud kepada para malaikat.
  • Seluruh doa kebaikan yang dipanjatkan tentu bakal dikabulkan oleh Allah SWT.

4. Memperbanyak Itikaf

Tidak hanya sholat malam, umat muslim pula disarankan buat melaksanakan itikaf pada malam Nuzulul Quran. Selama itikaf, pula disarankan buat membaca Al-Quran serta melaksanakan dzikir dan ibadah yang lain.

Walaupun itikaf termasuk amalan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, tetapi melaksanakan itikaf di bulan Ramadhan mempunyai lebih banyak keistimewaan. Ada pula buat niat beritikaf yaitu:

نَوَيْتُأَنْأَعْتَكِفَفِيهَذَاالْمَسْجِدِللهِتَعَالَى

Artinya: Aku berniat itikaf di masjid ini karena Allah.

5. Berdzikir

Tidak hanya itu, umat muslim pula bisa menghidupkan malam Nuzulul Quran dengan perbanyak dzikir. Dzikir ialah metode buat mengingat Allah SWT dengan memakai lisan ataupun hati.

Dzikir pula jadi salah satu metode buat membersihkan hati serta jiwa dari bermacam penyakit hati. Tidak cuma itu, dzikir pula ialah salah satu kunci buat meraih ketenangan serta kebahagiaan.

6. Bersedekah

Sedekah yaitu memberikan sebagian harta yang dipunyai kepada orang yang memerlukan ataupun kepada jalan kebaikan. Bersedekah termasuk ibadah yang sangat bernilai di sisi Allah SWT.

Oleh sebab itu, umat Islam sangat disarankan buat melaksanakannya, termasuk pada malam Nuzulul Quran, misalnya dengan memberi makan kepada orang yang tengah itikaf di masjid ataupun memberikan sedekah ke panti asuhan.

Untuk lebih memahaminya alangkah baiknya kalian untuk membaca: “Mengenal Malam Nuzulul Quran” agar lebih sempurna lagi ibadahnya.

Jadi setelah mengetahui amalan malam Nuzulul Quran, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!