Tips Membuat Adonan Tepung Krispi Agar Gorengan Tetap Renyah Tidak Lembek
Ilustrasi gorengan (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu permasalahan yang kerap dijumpai saat membuat adonan untuk gorengan adalah tepungnya jadi lembek setelah dingin. Kondisi itu sebenarnya bisa dihindari asal mengetahui tips membuat adonan tepung kripsi.

Tips Membuat Adonan Tepung Krispi

Kunci agar adonan tepung gorengan kripsi ada pada tepungnya. Namun pembuatan adonan krispi tidak sesederhana itu. Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk membuat adonan tepung gorengan krispi yakni sebagai berikut.

  1. Pakai Air Dingin

Saat meracik adonan, campur adonan menggunakan air dingin atau es agar tekstur keras dan krispi bisa didapatkan. Tips ini cukup membantu menjaga gorengan tetap krispi meski jeda waktu saat digoreng sudah cukup lama.

  1. Pakai Dua Jenis Tepung

Menggunakan dua jenis tepung untuk membuat satu adonan ternyata membantu menjaga gorengan tetap kripsi. Dua tepung tersebut adalah tepung beras dan tepung terigu. Jangan lupa untuk mencampurkan keduanya dengan air dingin ya.

  1. Coba Lapisi dengan Tepung Roti

Tepung roti memang diperuntukkan untuk roti, namun saat dipakai sebagai pelapis gorengan ternyata membantu makanan tersebut tetap renyah. Tips menggunakan tepung roti untuk gorengan adalah dengan melumuri gorengan setelah diangkat dari penggorengan ke tepung roti. Setelah itu goreng lagi satu kali lalu angkat dan tiriskan.

  1. Goreng di Suhu Ideal

Saat menggoreng, hindari minyak yang terlalu panas. Suhu minyak yang sangat panas hanya akan membuat gorengan kering bahkan mudah gosong di bagian luarnya, sedangkan bagian dalam belum terlalu matang. Untuk mengatasi hal tersebut pastikan suhu minyak berada di suhu ideal. Untuk mendapatkannya, pastikan menggunakan api ideal.

  1. Adonan Harus Terendam Sempurna

Saat proses menggoreng pastikan gorengan terendam minyak dengan sempurna. Artinya tidak ada bagian yang tidak terendam minya meski sedikit. Hal ini dilakukan agar proses goreng bisa rata keseluruhan. Saat proses penggorengan, usahakan untuk menyesuaikan gorengan dengan ukuran wajan. Hindari menggunakan wajan yang terlalu kecil agar kapasitas penggorengan bisa lebih banyak dan semua bisa terendam sempurna.

  1. Hindari Bahan dengan Kandungan Air Tinggi

Anda bisa menggunakan bahan apa saja untuk menjadi gorengan seperti tahu, tempe, pisang, kentang, dan sebagainya. Namun agar hasil gorengan tetap krispi dan tidak lembek setelah dingin jangan pakai bahan yang terlalu banyak mengandung air. Anda bisa mengurangi kandungan air pada tahu dengan tisu kertas. Atau Anda ingin mencoba resep pisang goreng, maka usahakan agar pisang tidak terlalu matang sehingga terkesan lembek.

  1. Hindari Potongan yang Terlalu Besar dan Tebal

Usahakan agar ukuran gorengan tidak terlalu besar dan tebal karena akan membuat bagian dalam gorengan jadi susah matang, sedangkan bagian luar akan gampang gosong jika terlalu lama. Ada baiknya untuk menyesuaikan ukuran secara ideal.

Itulah beberapa tips membuat adonan tepung krispi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.