5 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil, Nggak Usah Ragu!
Ilustrasi insinyur sipil (Foto: Pixabay-/This is Engineering)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Alasan memilih jurusan teknik sipil perlu disimak oleh calon mahasiswa agar semakin mantap dengan pilihan yang sudah dibuat.

Perlu diketahui, teknik sipil merupakan salah satu program studi (prodi) yang populer di Indonesia. Bidang studi ini mempelajari tentang perencanaan, perancangan, manufaktur, hingga konservasi guna mendukung terbentuknya suatu wilayah.

Ilmu yang dipelajari di jurusan ini umumnya melibatkan matematika dan teknologi terapan. Seorang mahasiswa yang lulus dari jurusan teknik sipil dapat mengerti tentang desain dan kontruksi bangunan, dengan memperhatikan aspek lingkungan sekitarnya.

Nah, bagi yang sudah memilih jurusan teknik sipil dalam SNPMB 2024, Anda tak perlu ragu atau bimbang, sebab jurusan ini adalah pilihan tepat untuk keberlangsungan karir Anda di masa depan.  

Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 19 April 2024, berikut ini adalah alasan memilih jurusan teknik sipil yang perlu diketahui calon mahasiswa:

1. Prospek kerja menjanjikan

Teknik sipil termasuk salah satu program studi dengan prospek kerja menjanjikan. Setelah mendapatkan gelar sarjana teknik sipil, Anda dapat bekerja sebagai:

  • Insinyur perencanaan bangunan.
  • Insinyur struktural.
  • Manajer proyek.
  • Insinyur lingkungan.
  • Konsultan teknik.
  • Peneliti dan pendidik.

Prospek atau peluang kerja ini membuat Anda memiliki banyak pilihan untuk mengikuti minat dan bakat Anda, baik dalam perencanaan proyek, manajemen konstruksi, hingga pengembangan properti.

2. Dibutuhkan di seluruh dunia

Selain memiliki prospek kerja yang luas, seorang profesional di bidang teknik sipil juga dicari di seluruh dunia.

Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur merupakan kebutuhan universal, sehingga kemampuan Anda dalam teknik sipil bisa membuka pintu untuk bekerja di berbagai negara. Ini memberikan Anda peluang untuk bekerja dalam lingkungan multikultural dan memperluas jaringan internasional Anda.

3. Memberikan dampak sosial yang besar

Seorang lulusan teknik sipil bisa memberikan dampak sosial yang besar bagi masyarakat dan lingkungan. Bagaiamana tidak, Anda akan berkontribusi pada pembangunan fasilitas kesehatan, sekolah, perumahan yang terjangkau, dan proyek berkelanjutan yang membantu menjaga kelestarian lingkungan. Ini adalah pilihan karir yang memberikan rasa pencapaian dan makna.

4. Potensi penghasilan yang tinggi

Alasan memilih jurusan teknik sipil yang berikutnya adalah karena pekerjaan di bidang teknik sipil berpotensi mendatangkan penghasilan yang tinggi.

Insinyur sipil seringkali mendapatkan penghasilan yang kompetitis lantaran pekerjaannya cukup kompleks dan memikul tanggung jawab yang besar.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, potensi penghasilan Anda juga dapat meningkat secara signifikan.

5. Tulang punggung proyek infrastuktur

Alasan terakhir, insinyur sipil merupakan tulang punggung proyek infrastruktur, seperti jalan raya, jembatan, gedung pencakar langit, dan bandara.

Seorang insinyur sipil akan berperan dalam perencaan, desain, dan pelaksanaan proyek-proyek ini. Artinya, Anda bakal memiliki peluang untuk terlibat langsung dalam pembangunan dan peningkatan infrastruktur yang memengaruhi kehidupan jutaan orang.

Demikian informasi tentang alasan memilih jurusan teknik sipil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.