Sambut Hari Kartini, Najwa Shihab Ajak Perempuan Rayakan Kesuksesan
Najwa Shihab (Virgilery/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Peringatan Hari Kartini tinggal menghitung hari. Sosok Kartini hingga kini masih terus menjadi inspirasi selama lebih dari satu abad lamanya kepada seluruh wanita Indonesia termasuk presenter sekaligus wartawan Najwa Shihab.

Dalam acara Seribu Kartini, Beda Tapi Sama bersama YouTube, Najwa Shihab mencoba memaknai perayaan Hari Kartini. Baginya, Hari Kartini jadi momen untuk merayakan keperempuanan bagi wanita-wanita Indonesia.

"Tapi di rasa hari Kartini itu momen untuk kita merayakan keperempuanan kita. Merayakan dalam arti membuat menjadi Raya menjadi lebih besar, biar di celebrate," kata Najwa Shihab di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 19 April.

Hal ini dikatakan oleh Najwa Shihab karena ia merasa kalau perempuan masih suka sulit mengakui keberhasilan yang ia capai, bukan tanpa alasan karena hal ini masih belum jadi hal yang lumrah di masyarakat Indonesia.

"Aku merasa kita tuh terkadang perempuan suka malu mengakui kesuksesan, kadang kita perempuan walau sudah mencapai tahap tertentu ya kalau dibilang, kalau dipuji bilangnya 'ah karena gue beruntung, banyak yang bantu'," lanjut Najwa Shihab.

"Sementara beda kalau bapak-bapak, kalau di celebrate setiap achivement. Kita tuh jarang mau karena ada sedikit perempuan sukses tidak disukai, laki-laki sukses dipuja-puja," sambungnya.

Oleh karena itu, Najwa Shihab berharap kalau peringatan Hari Kartini di tiap tanggal 21 April akan selalu menjadi hari di mana wanita bisa menunjukkan kemampuannya dengan lebih percaya diri.

"Jadi aku rasa momen hari Kartini di mana semua perempuan seharusnya setiap hari adalah hari Kartini di mana kita dengan bangga menunjukkan apa yang bisa kita lakukan, apa yang bisa sumbangkan, apa yang bisa kita perbuat," pungkasnya.