3 Alasan Mengapa Orang Percaya Ramalan Zodiak
Ilustrasi Horoskop (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak dulu, ramalan zodiak selalu dielu-elukan banyak orang. Meski zaman sudah modern dan canggih sekalipun, ramalan zodiak tetap dipercaya kebenarannya oleh segelintir orang. Mulai dari peruntungan keuangan, karir, kesehatan, hingga percintaan, ramalan zodiak selalu jadi acuan.

Pada zamannya sering baca majalah, Anda mungkin mencari halaman tentang zodiak untuk dibaca pertama kali. Kira-kira kenapa ya orang percaya dan menyukai ramalan zodiak? Berikut penjelasannya.

Menarik untuk diketahui

Sebenarnya hal paling mendasar kenapa orang menyukai konten ramalan zodiak adalah karena ini menarik untuk diketahui. Anda akan penasaran bagaimana peruntungan berdasarkan zodiak dan ini bisa jadi semacam mood booster bila ternyata hasilnya menyenangkan. Bila kurang baik atau kurang sesuai keinginan, biasanya orang cenderung mengabaikannya. 

Menyukai ramalan zodiak pun sebenarnya sangat manusiawi dan normal-normal saja. Mengingat manusia punya rasa penasaran terhadap hal-hal yang akan terjadi. Dengan harapan hasil ramalan zodiak itu akan benar-benar terjadi bila memang hal baik. Namun, ada juga yang sering membaca ramalan hanya sebatas untuk seru-seruan saja. 

Mengetahui kecocokan dalam percintaan

Kebanyakan dari orang yang percaya zodiak pasti pernah mencari tahu informasi mengenai zodiak pasangan yang cocok. Bahkan, juga pasangan yang tidak cocok menurut zodiak. Dari zodiak, Anda juga bisa membaca karakter diri sendiri dan pasangan. Ini bisa jadi semacam kisi-kisi untuk melihat seperti apa kepribadian pasangan dan apakah itu akan cocok dengan Anda atau tidak. 

Efek Barnum 

Apakah Anda tahu ada fenomena psikologis yang disebut barnum effect. Jadi ini adalah kondisi saat seseorang menganggap deskripsi tentang diri mereka adalah akurat dan seolah-olah memang dibuat khusus untuk dirinya. Padahal, sebenarnya gambarannya cukup umum dan bisa diterapkan pada semua orang. 

Efek barnum ini juga yang menjadikan orang bisa percaya pada horoskop dan beragam tes kepribadian yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun, efek ini juga sebenarnya cukup baik karena bisa memberikan sugesti dan afirmasi positif pada seseorang.