Squid Game Ala China Bikin Netizen Geram
Squid Game (Netflix)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Layanan streaming asal Tiongkok, Youku yang menghadirkan acara berjudul Squid’s Victory, hal ini diduga karena sangat terinspirasi dari Serial Squid Game yang mendunia.

Sebuah poster yang menampilkan logo Squid’s Victory tersebar di internet. Logo memiliki desain serupa dengan logo Squid Game yakni warna abu-abu dengan tulisan putih dan pink. Kabarnya acara ini akan tayang mulai tahun 2022 mendatang di Youku.

Squid Game Ala China

Seperti cerita aslinya, Squid’s Victory berisi kompetisi permainan tradisional anak yang diikuti oleh deretan kontestan. Berita ini menuai kritik negatif yang datang dari warganet Korea Selatan.

Dikenal Tiongkok mulai melarang adanya K-pop dan drama Korea di sana tetapi di sisi lain “menumpang” kesuksesan konten Korea Selatan untuk negara mereka.

Menginfokan dari NME pada Jumat, 22 Oktober, pihak produksi minta maaf dan mengklaim poster ini cuma draft pertama untuk acara terupdate di Youku.

“Ini adalah draft pertama untuk acara Game’s Victory yang sudah dihapus,” kata pihak produksi Game’s Victory.

Tetap saja, warganet kepalang geram dengan tiruan tersebut. Seorang warganet berkata, “Pemerintah China melarang K-pop dan acara Korea di sana tapi perusahaan produksi Tiongkok meniru banyak acara Korea.”

“Ini bukan acara kecil. Bukankah YOUKU sangat populer di China? Tapi mereka menirunya? Klasik hahahaha saya tidak terkejut dengan kepalsuan mereka,” kata warganet lainnya.

“Netflix ayo lakukan sesuatu!” kata warganet lainnya yang meminta Netflix untuk turun tangan. Setelah kontroversi ini, pihak Youku mengganti nama acara menjadi Game’s Victory tapi konsepnya masih sama.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Ada Squid Game Ala China Warganet Geram, saatnya merevolusi pemberitaan!