Ford Pastikan Mustang Generasi Mendatang Tetap Mempertahankan Mesin V8
Ford Mustang 2024. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford Mustang, ikon legendaris "American Muscle", selalu diingat dengan penuh kekaguman oleh para penggemar otomotif karena performa dan suara khas mobil AS yang menggugah adrenalin.

Suara menggelegar dari Mustang berasal dari mesin V8 naturally-aspirated yang ikonik dengan dimensi yang besar. Kehadiran mesin V8 menjadi tak terpisahkan dari identitas Mustang sebagai salah satu mobil muscle car paling diakui sepanjang masa.

Ford sebagai perusahaan pembuat Mustang sadar akan pentingnya mesin V8 dalam mobil ini, terutama ketika industri otomotif tengah menghadapi era kendaraan listrik (EV) dengan efisiensi tinggi. Meskipun banyak pabrikan lain beralih ke mesin 6-silinder atau bahkan rencana untuk mobil listrik, Ford berkomitmen untuk tetap mempertahankan ciri khas Mustang yang ditenagai oleh mesin V8.

Global Manager Ford Mustang, Jim Owens, menegaskan bahwa pihaknya akan terus mempertahankan mesin V8 di Mustang sejauh mungkin. Owens menyadari bahwa rival Mustang seperti Chevrolet Camaro dan Dodge Challenger telah mengadopsi mesin 6-silinder, bahkan akan merencanakan mobil listrik di masa depan.

"Ini bukan pertama kalinya Camaro dan Challenger tidak bersama kami. Jadi ada kalanya produk tersebut tidak ada di segmen ini, dan kami terus berada di sini (dengan mesin V8)," ungkap Owens seperti yang dilansir dari Drive, Senin, 31 Juli.

Meskipun Mustang diakui mungkin tidak menarik bagi pecinta mobil berotot dari merek-merek pesaing, Owens menyadari bahwa masih ada pasar yang menyukai mobil dengan mesin V8, baik dari kalangan pembeli muda maupun yang lebih berpengalaman.

"Bagi mereka yang masih tertarik dengan mobil sport versi V8 bensin dan belum memiliki loyalitas, kami sangat percaya bahwa kami memiliki desain, mesin, suspensi, dan teknologi yang tepat untuk Mustang," tambah Owens.

Ford berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam menjaga identitas Mustang dengan mesin V8, meskipun mereka juga menghadirkan pilihan mobil listrik seperti Mustang Mach-E GT untuk konsumen yang menginginkan mobilitas ramah lingkungan.

Sekarang memasuki generasi ketujuh, Ford Mustang tetap setia dengan ciri khasnya, mesin V8. Model ikonik ini telah diperkenalkan sebagai "The Stampede" dalam Detroit Auto Show 2022, dan dalam varian tertingginya, Ford menghadirkan V8 Coyote 5,0 liter yang kuat. Ford Mustang generasi terbaru akan mulai dijual pada musim panas 2023.