VIsion Neue Klasse, Mengawali Era Kendaraan Listrik Masa Depan BMW
BMW Vision Neue Klasse(Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan kendaraan asal Jerman, BMW, baru-baru ini mengungkapkan pandangan mereka tentang mobil listrik masa depan dalam bentuk konsep Vision Neue Klasse.

Secara sekilas, konsep Vision Neue Klasse mirip dengan i Vision Dee, yang merupakan versi dasar dari kendaraan ini. Namun, BMW membawa sejumlah tambahan dan teknologi canggih pada mobil konsep ini.

Frank Weber, salah satu anggota pengembangan jajaran manajemen BMW AG, menjelaskan bahwa mobil ini tidak hanya memikat dengan desain futuristiknya, tetapi juga membawa teknologi EfficientDynamics yang memajukan mobil ini ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan jangkauan yang diperlebar sebesar 30 persen, pengisian daya yang lebih cepat 30 persen, dan efisiensi yang meningkat sebesar 25 persen, Vision Neue Klasse memang menjanjikan.

"Dengan Neue Klasse, kami telah memulai investasi terbesar dalam sejarah perusahaan. Kami tidak hanya menulis bab baru dalam sejarah BMW; kami sedang menulis sebuah buku yang benar-benar baru. Itulah mengapa Neue Klasse pasti akan memengaruhi semua generasi model kami," kata Weber dalam ruang media perusahaan, Sabtu, 2 September.

5

Konsep dari Vision Neue Klasse mencakup elemen desain yang mirip dengan i Vision Dee, seperti bentuk "hidung hiu" pada kap mesin dengan dua grill horizontal yang menonjol. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang memiring pada setiap sudutnya, menggunakan pencetakan 3D untuk sejumlah elemen pencahayaannya.

Detail estetika futuristik muncul dengan penempatan diffuser hitam pada bagian bemper dan pelek 21 inci terbaru yang berwarna hijau neon, menciptakan tampilan yang unik.

Di dalam kabin, Neue Klasse dilengkapi dengan sistem infotainment terkini iDrive yang diproyeksikan ke layar sentuh yang unik. Fitur-fitur seperti BMW Intelligent Personal Assistant dan roda kemudi multifungsi juga tersedia.

5

Tidak hanya mengutamakan teknologi, Vision Neue Klasse juga menawarkan fitur Panoramic Vision yang memproyeksikan grafik langsung ke garis pandang pengemudi di seluruh lebar kaca depan, dengan tampilan head-up tradisional tetap tersedia.

Selain itu, interior mobil ini memiliki desain minimalis dengan sentuhan retro. Kursi berwarna kuning seperti mustard dipadukan dengan aksen kuning pada dasbor dan panel pintu, menciptakan suasana yang unik.

BMW juga memperkuat komitmennya terhadap jejak karbon dengan menggunakan bahan produksi yang ramah lingkungan di dalam kabin, menghilangkan penggunaan bahan dari bulu hewan, hiasan krom, atau kulit asli.

Pabrikan berencana untuk memulai produksi Vision Neue Klasse pada tahun 2025 di pabrik milik BMW di Debrecen, Hungaria, dan merilisnya ke pasar pada tahun 2026 mendatang.