Toyota Buka Peluang Hadirkan Land Cruiser Hidrogen
Land Cruiser 2024. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah memperkenalkan mobil bertenaga hidrogen produksi pertama di dunia pada tahun 2014 yaitu Mirai, Toyota terus berupaya mengembangkan kendaraan dengan energi terbarukan sejalan dengan strategi multi-jalur yang diterapkan perusahaan.

Pengembangan mobil bertenaga hidrogen dibuktikan dengan pabrikan yang baru-baru ini menghadirkan HiAce yang dikembangkan menjadi bertenaga bahan bakar hidrogen.

Presiden Toyota dalam Pengembangan Hidrogen, Mitsumasa Yamagata, mengatakan bahan bakar alternatif ini cocok untuk model kendaraan seperti Land Cruiser yang dapat memuat beban dan melakukan pekerjaan berat.

“Keunggulan hidrogen dapat dimanfaatkan untuk kendaraan-kendaraan tersebut termasuk kendaraan untuk pekerjaan berat dan bermuatan berat,” ucap Yamagata dilansir Drive, Senin, 13 November.

7
Interior Land Cruiser 2024. (Dok. Toyota)

Dengan demikian, Toyota bisa saja kembali mengembangkan mesin atau penggerak yang cocok untuk model bertenaga hidrogen selanjutnya, meskipun tidak menampik kemungkinan bahwa pabrikan akan tetap menggunakan teknologi yang sudah ada di Mirai.

“Kami melakukan pengenalan teknologi ini, serta kami sedang mempelajari kendaraan mana yang akan memiliki teknologi yang sesuai,” tambah Yamagata.

Jelas akan menarik jika Toyota menghadirkan Land Cruiser bertenaga hidrogen, mengingat model terbarunya saat ini masih mengusung sistem hybrid yang telah diperkenalkan pada bulan Agustus lalu.

Opsi Land Cruiser juga akan semakin banyak setelah Toyota memperkenalkan EPU, sebuah mobil konsep crossover listrik yang disebut sebagai Land Cruiser versi EV diperkenalkan pada Japan Mobility Show 2023 lalu.

Terkait