Persaingan Motor Skutik di Indonesia, New Honda Scoopy vs Yamaha Fazzio
Yamaha Fazzio. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

TANGERANG - PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan New Honda Scoopy dalam pentas Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 dengan beberapa perubahan. Motor ini bersaing dengan beberapa rival di kelasnya, seperti Yamaha Fazzio.

Sejak kemunculannya di tanah air, Yamaha Fazzio disambut dengan positif dengan penawaran yang tidak kalah ciamik dari motor lainnya. Terlebih lagi, motor ini memiliki desain yang mampu menarik perhatian publik sehingga memanaskan persaingan pasar motor skutik di Indonesia.

Kedua motor ini telah bersaing selama beberapa waktu terakhir demi menarik minat konsumen Indonesia. Apa saja perbandingan keduanya? Berikut perbandingannya berdasarkan penelusuran VOI, Jumat, 27 Oktober.

Desain yang Menarik

New Honda Scoopy tetap mempertahankan desain ala urbanitas dengan beberapa perubahan pada pola strip yang lebih simpel dari sebelumnya. Motor ini dihadirkan dalam beberapa warna, seperti Stylish Green, Stylish Red, Prestige White, Sporty Grey, Sporty Red, Fashion Blue, dan Fashion Brown.

Berbeda dengan Scoopy, Yamaha Fazzio mengusung desain motor matik ala Eropa sehingga sangat cocok digunakan untuk para kawula muda. Dilengkapi dua varian, Lux Connected dan Neo, motor tersebut memiliki beberapa warna yang menarik perhatian, seperti White Pearl, Prestige Silver, Black, Orange, Dull Blue, Cyan, Beige, dan Red.

4
 (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Dimensi

Memiliki ukuran yang hampir sama, Yamaha Fazzio memiliki dimensi lebih panjang dibandingkan dengan New Honda Scoopy dengan panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.125 mm, dan wheelbase dengan 1.280 mm.

Sedangkan, New Honda Scoopy memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, tinggi 1.075 mm, dan wheelbase dengan 1.251 mm.

Mesin

Berbicara soal mesin, keduanya cukup setara dalam hal tenaga. Yamaha Fazzio dibekali dengan mesin berpendingin udara 4-langkah SOHC silinder tunggal 124,8 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 6,2 kW dan torsi 10,6 Nm.

New Honda Scoopy memiliki mesin 110 cc 4-langkah SOHC berpendingin udara eSP dengan output daya hingga 6,6 kW dan torsi 9,3 Nm.

Namun yang membedakan keduanya ialah Yamaha Fazzio memiliki teknologi Blue Core Hybrid pada mesinnya. Yang artinya, motor ini dapat memberikan gaya berkendara yang berbeda, namun tetap ramah lingkungan dengan Electronic Power Assist Start dengan akselerasi optimal.

Harga

Keduanya memiliki harga yang menarik, namun New Honda Scoopy dibanderol lebih murah dengan nilai Rp21,9 juta untuk varian Sporty dan Fashion. Sedangkan, varian Stylish dan Prestige hadir dengan harga lebih tinggi Rp22,7 juta.

Sedangkan, Yamaha Fazzio tipe Neo dipatok dengan harga Rp22,4 juta. Lalu, varian Lux Connected sebagai yang tertinggi senilai Rp23 juta.

Sebagai catatan, semua harga di atas termasuk On The Road Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Kesimpulan

Tidak hanya memiliki tampilan menarik, Yamaha Fazzio menawarkan hal yang lebih dengan mesin bertenaga serta teknologi hybrid ramah lingkungannya. Bila ingin memiliki motor agar tampil percaya diri dan bergaya di wilayah perkotaan dengan harga lebih terjangkau, New Honda Scoopy akan menjadi opsi terbaik. Semua kembali ke kebutuhan konsumen.