Laporan Baru Ungkap Rendahnya Jumlah Wanita dan Non-biner dalam Peran Teknis di Industri Musik
Studio musik (Ilustrasi: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah laporan baru menyerukan agar jumlah wanita dalam peran produksi dan teknik di industri musik ditingkatkan.

Fix The Mix pada 11 April meluncurkan laporan tahunan pertamanya tentang representasi gender dalam peran teknik audio dan produksi, dan telah meminta label besar untuk memperluas inisiatif DEI (Diversity, Equity, and Inclusion) mereka untuk mempekerjakan lebih banyak wanita dan non- produser dan engineer biner di belakang layar.

Dengan studi yang dilakukan oleh We Are Moving the Needle, Jaxsta, Middle Tennessee State University dan Howard University, laporan tersebut menemukan bahwa sementara wanita dan orang non-biner lebih cenderung dipuji dalam peran junior di bidang teknis, mereka sangat kurang terwakili dalam peran senior di semua genre.

Juga dicatat bahwa kredit untuk 10 lagu streaming teratas tahun 2022 di lima penyedia layanan digital (DSP) utama mengungkapkan kesenjangan gender yang signifikan, dengan hanya 16 dari 240 produser dan engineer yang dikreditkan adalah wanita dan orang non-biner (6,7 persen).

Selain itu, di seluruh DSP ini, daftar putar terbaik tahun 2022 yang bersumber dari TikTok dan Spotify memiliki representasi wanita dan non-biner terlemah dalam peran teknis, dengan masing-masing hanya 3,6 persen dan 3,7 persen di posisi kunci.

Melihat kredit di sepuluh lagu teratas di seluruh DSP, laporan tersebut menemukan bahwa wanita dan individu non-biner lebih terkonsentrasi dalam peran asisten daripada peran teknis utama.

Musik metal ditemukan memiliki persentase wanita dan orang non-biner terendah dalam peran teknis utama, sedangkan musik elektronik dan folk serta Americana memiliki representasi tertinggi.

Musisi Brandi Carlile, yang juga anggota soundBoard We Are Moving The Needle, mengatakan tentang temuan tersebut.

“Jalan yang harus kami tempuh untuk mencapai keseimbangan di studio masih sangat jauh, tetapi saya tahu kami bisa sampai di sana," kata dia.

“Ini adalah masalah sistemik di industri rekaman yang tidak bisa kita abaikan lagi. Saya tidak yakin semua orang tahu persis harus mulai dari mana… tetapi itu dimulai dengan keberanian untuk mengambil kesempatan pada seseorang yang mungkin kurang dikenali di lapangan. Kita harus mulai dari suatu tempat.

Musisi dan produser Maggie Rogers, yang merupakan anggota soundBoard lainnya, menambahkan: “Kami harus berbuat lebih baik untuk wanita dan pencipta non-biner di industri ini.

“Sungguh menggembirakan melihat lebih banyak wanita dan individu non-biner mendaftar dalam program audio dan produksi, dan saya berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan mereka melalui organisasi seperti We Are Moving the Needle.”

Sementara itu, Emily Lazar, mastering engineer pemenang Grammy Award dan pendiri We Are Moving The Needle berkata: “Studi ini menegaskan apa yang saya ketahui setelah menghabiskan beberapa dekade di belakang dewan direksi di studio rekaman – wanita tidak diberi kesempatan yang sama dengan pria di peran produksi dan engineering.

“Memastikan bahwa ada lebih banyak keragaman gender dan ras di antara pencipta musik sebenarnya bukan masalah yang rumit jika Anda ingin menyelesaikannya. Langkah terpenting adalah agar artis dan label rekaman dapat merekrut dari kumpulan produser, mixer, dan engineer yang lebih beragam, tetapi sangat sulit untuk mempekerjakan orang saat Anda tidak dapat menemukannya.

“Kami berharap laporan ini akan memberi para pembuat keputusan motivasi dan alat yang mereka butuhkan untuk membuat perubahan nyata dalam praktik perekrutan mereka sehingga kami dapat mencapai kesetaraan gender dalam peran produksi, teknik, dan mastering.”

Fix the Mix adalah inisiatif yang diluncurkan pada 2022 oleh We Are Moving the Needle dan Jaxsta, basis data kredit musik resmi terbesar di dunia, bersama organisasi musik lainnya yang berfokus untuk menutup kesenjangan gender yang sangat besar dalam industri musik, terutama dalam peran di balik layar.

Laporan tersebut menawarkan saran untuk meningkatkan keseimbangan yang “dimaksudkan untuk memberdayakan pemain industri musik besar dan individu untuk mendorong perubahan yang terukur” dan menyertakan seruan kepada perusahaan musik besar untuk memperluas inisiatif DEI mereka yang didanai dengan baik di luar karyawan penuh waktu untuk juga menyertakan mempekerjakan lebih banyak wanita dan produser dan engineer non-biner untuk setiap rilisan mereka.