Produser Steve Lillywhite: Queen Lebih Besar dari The Beatles
Queen (Instagram @officialqueenmusic)

Bagikan:

JAKARTA - Produser sekaligus engineer Steve Lillywhite menjelaskan mengapa Queen hebat dari The Beatles.

Lillywhite – pemenang penghargaan Grammy enam kali – dikenal karena karyanya dalam album The Joshua Tree dan Achtung Baby milik U2, Naked-nya Talking Heads, The Scream (Siouxsie and the Banshees), Dirty Work (The Rolling Stones), Hard Candy (Counting Crows) dan banyak lagi.

Saat tampil dalam podcast Produce Like A Pro milik Warren Huart, dia menjelaskan bahwa apa yang membuat sebuah band jadi yang terhebat sepanjang masa adalah kemampuan mereka untuk menggerakkan penonton terbesar di dunia.

“Selalu The Beatles ketika Anda berbicara tentang band-band terhebat yang pernah ada. Tapi sekarang ada argumen bahwa The Beatles tidak pernah membuat apa pun yang bisa Anda mainkan di stadion. The Beatles tidak pernah membuat apa pun yang bisa Anda mainkan di acara olahraga besar,” katanya.

Dia melanjutkan: “Jadi Queen, ketika Anda berbicara tentang band terhebat yang pernah ada… Saya tidak akan pernah mengatakan ada orang yang lebih hebat dari The Beatles, tapi ada argumen saat ini bahwa Queen, karena kemampuan mereka melampaui stadion, ada argumen bahwa mereka lebih relevan saat ini dibandingkan The Beatles.”

Salah satu kelemahan dari argumen ini adalah bahwa mantan anggota Beatles, Paul McCartney mampu membawakan lagu-lagu hits The Fab Four seperti Hey Jude, Let It Be, Yesterday, dan lainnya selama tur stadion, yang berhasil dengan baik di hadapan banyak orang.

Meskipun demikian, lagu-lagu dari diskografi Queen seperti We Are The Champions, We Will Rock You, dan Another One Bites The Dust tetap menjadi lagu utama di stadion olahraga hingga hari ini.