AI Bikin The Simpsons Cover Lagu Muse dan Limp Bizkit
The Simpsons (X @thesimpsons)

Bagikan:

JAKARTA - Potongan video yang memperlihatkan karakter keluarga The Simpsons meng-cover Muse dan Limp Bizkit viral di media sosial. Ya, video tersebut dibuat oleh AI atau kecerdasan buatan.

Selama beberapa bulan terakhir, perdebatan tentang penggunaan AI dalam musik terbukti menimbulkan perpecahan, dengan beberapa artis secara terbuka menolak konsep penggunaan platform seperti ChatGPT untuk menulis lagu, sementara yang lain – termasuk Paul McCartney – telah menggunakan teknologi tersebut dengan tangan terbuka.

Kini, berkat pengguna TikTok @mememusic117, AI digunakan untuk tujuan yang lebih tidak lazim – menghadirkan beberapa lagu rock penting dalam gaya karakter dari The Simpsons.

Klip tersebut menunjukkan karakter-karakter tersebut berkumpul untuk membawakan lagu-lagu seperti Starlight milik Muse dan Break Stuff milik Limp Bizkit untuk beberapa penduduk lokal Springfield, ditemani oleh dua penari latar Transformer.

Untuk kedua klip tersebut, Homer berperan sebagai vokalis, sementara Marge memainkan gitar elektrik dan Bart duduk di belakang drum kit.

Anehnya, Lisa – satu-satunya anggota keluarga yang dikenal karena kemampuan musiknya di acara tersebut – tidak ditampilkan dalam klip Muse, begitu pula Maggie. Lisa terlihat menukar saksofon tradisionalnya dengan bass dalam klip Break Stuff.

Lebih aneh lagi, karakter-karakter dari luar dunia The Simpsons juga terlihat di antara penonton menari mengikuti lagu-lagu rock tersebut, mereka antara lain Shrek, Spider-Man, dan Stormtrooper.

Ini bukan pertama kalinya keluarga The Simpsons dibuat untuk meng-cover lagu-lagu rock dengan bantuan AI.

Pada Juli lalu, klip lain juga viral, yang menunjukkan Homer membawakan lagu hit tahun 2013 milik Arctic Monkeys, RU Mine?.

Klip tersebut hadir bersamaan dengan video musik bergaya Simpsons, yang dikumpulkan dari berbagai episode serial tersebut, di mana Homer membawakan lagu hit AM di hadapan penonton di sebuah venue kecil.