Dikenal Sebagai Penyanyi Papan Atas, Once Mekel Tidak Pernah Menang Saat Ikut Festival
Once Mekel (Instagram @oncemekelofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum bergabung dengan Dewa pada tahun 2000, Elfonda Mekel alias Once Mekel dikenal sebagai penyanyi yang kerap tampil di panggung festival atau perlombaan musik.

Sejak menetap di Jakarta, Once yang sudah bermimpi menjadi penyanyi sejak umur 5 tahun, memulai penampilan pertamanya di ajang festival saat duduk di bamgku SMP.

“Saat itu, nggak ada panggung lain selain festival. Kalau nggak festival ya nggak manggung,” kata Once saat menjadi tamu di XVG TV, dilihat Selasa, 24 Oktober.

Namun, Once tak sekalipun pernah menjadi juara di ajang festival. Dia menyebut, pada saat itu festival musik didominasi genre jazz dan fusion.

“Yang juara kan biasanya anak fusion jazz. Kita kan anak metal, udah gitu tekniknya masih payah,” ujar Once Mekel.

“Yang menang itu selalu anak jazz sama fusion, kita mentok di harapan satu lah,” imbuhnya.

Meski bandnya tidak pernah menjadi juara festival, Once mengingat satu momen saat dirinya terpilih jadi vokalis terbaik se-Jakarta Selatan. Saat itu, ia masih duduk di bangku SMP.

“Tapi, gua pernah jadi vokalis terbaik se-Jakarta Selatan pas SMP. Yang gua ingat waktu itu Tohpati jadi gitaris terbaik dan Tyo Nugros jadi drumer terbaik,” katanya.

Once mengakui bahwa dirinya memang belum banyak pengalaman di studio rekaman, sebelum bergabung dengan Dewa. Terhitung setidaknya dua kali Once menjalani rekaman.

Sekitar tahun 1990, Once pernah terlibat dalam album kompilasi. Dalam album tersebut terdapat penyanyi nasional lain, seperti Trie Utami.

Kemudian, Once pernah merekam sebuah lagu bersama Pay Burman. Disebutnya bahwa saat itu Pay sudah merilis satu album bersama Slank.

“Dia (Pay Burman) pernah ngajakin gua ikut rekaman. Buat iseng-iseng sih sebenarnya, Pay kan paling jago tuh iseng-iseng,” kata Once Mekel.

“Iseng-iseng taunya jadi aja. Malah lagunya waktu itu sempat masuk chart (tangga lagu),” pungkasnya.