Bahas Masa Depan Shin Tae-yong di Timnas Apapun Hasil Final Piala AFF 2020, Menpora: Saya Jamin Dia Aman
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjamin posisi Shin Tae-yong akan tetap aman sebagai pelatih timnas Indonesia selepas gelaran Piala AFF 2020.

"Aman Shin Tae-yong. Saya menjamin itu," kata Menpora pada Senin, 27 Desember di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Sebelum turun di kompetisi bergengsi antarnegara Asia Tenggara itu, PSSI telah mengultimatum Shin Tae-yong. Jika pelatih asal Korea Selatan itu gagal dalam kejuaraan AFF edisi ke-13 ini dia akan dievaluasi dan bahkan tak menutup kemungkinan didepak.

Namun, Menpora memberikan penjelasan lain yang dianggapnya sebagai alasan kuat PSSI akan mempertahankan Shin Tae-yong.

"Shin Tae-yong ini awalnya direkrut sebagai pelatih tim nasional persiapan FIFA World Cup U-20. Tadinya kan 2021, kemudian karena ada pandemi ditunda ke 2023," ucap Amali.

"Jadi kita tetap membutuhkan pelatih Shin Tae-yong. Dia tetap akan menjadi pelatih untuk tim nasional U-20 yang akan tampil di FIFA World Cup U-20 2023," lanjut Menpora menjelaskan.

Terlepas dari alasan tersebut, tampaknya Shin Tae-yong memang akan lebih lama menjabat di posisi pelatih Timnas. Sebab, belakangan ia mampu membuktikan kinerjanya lewat performa Evan Dimas dkk di Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong sukses membawa Indonesia ke babak final usai menggilas Singapura dengan agregat 5-3. Skuat Garuda juga menjadi klub paling tajam dengan mencetak 18 gol dari enam laga.