Padatnya Kalender Event Olahraga di Indonesia: Ada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing dan Wushu
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Kalender olahraga internasional yang akan digelar di Indonesia terbilang padat. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Asia FIBA, Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, Kejuaraan Dunia Junior Wushu, dan ASEAN Para Games.

Hal ini disampaikan Menpora saat rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR, di Gedung Nusantara I Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Maret.

Untuk Kejuaraan Dunia Junior Wushu rencananya akan dihelat pada Desember di ICE BSD City, Tangerang. Kemenpora siap untuk mendukung agar event ini berjalan sukses.

"Saya akan segera mengusulkan ke Bapak Presiden dan Menteri Sekretaris Negara untuk segera membahas ini," ujar Menpora Zainudin Amali, seperti dilansir dari Antara.

Indonesia menargetkan empat medali emas di ajang ini. Diperkirakan, ada 45 negara yang akan ikut serta dalam event ini. Sebanyak 700 atlet, 300 ofisial dan 50 juri akan terlibat.

Sementara Kejuaraan Dunia Panjat Tebing akan dihelat di Kemayoran, Jakarta, pada 24-26 September mendatang. Rencana untuk menggelar event ini di Bali atau Manado pun batal terealisasi.

"Target Indonesia karena kita punya juara dunia, sehingga kami berharap bisa mempertahankan itu," kata Menpora.

Kejuaraan dengan tajuk "IFSC Climbing World Cup Indonesia 2022" itu diprediksi bakal diramaikan 100 atlet elite dari 35 negara. Nantinya akan dipertandingkan nomor lead dan speed.

Event ini sejatinya digelar pada Oktober 2021. Namun, akibat kebijakan karantina selama 10 hari akibat pandemi COVID-19, gelaran ini batal dilaksanakan.