Persaingan Papan Bawah Liga 1 Indonesia Memanas: 4 Tim Berlomba Menjauhi Zona Degradasi
Persaingan papan bawah Liga 1 Indonesia memanas. (Dok. Situs resmi Liga Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Persaingan Liga 1 Indonesia 2021/2022 jelang akhir musim memanas. Tak hanya dalam hal perebutan gelar juara, tetapi juga di papan bawah.

Saat ini hanya tersisa satu slot degradasi ke Liga 2 yang bisa saja menjerat salah satu dari empat tim berikut ini, yakni PSS Sleman, Barito Putera, PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

Nama terakhir kini menghuni batas zona degradasi. Persipura Jayapura menempati posisi ke-16 dengan 33 poin.

Kemenangan 4-0 atas PSIS Semarang di pekan ke-33, Kamis, 24 Maret, membuat asa bertahan di Liga 1 tetap ada. Persipura kini terpaut dua poin dari Barito Putera dan PSM yang ada di posisi ke-14 dan 15. Kedua tim sama-sama mengoleksi 35 poin.

Barito Putera berhasil menjauh dari kejaran Persipura setelah mendapatkan tambahan tiga poin pada pekan ke-33. Mereka menang 2-0 atas Persita Tangerang.

Sementara PSM baru akan memainkan pertandingan pekan ke-33 kontra Persiraja Banda Aceh, Jumat, 25 Maret. Jika menang, PSM dipastikan aman.

Posisi PSS Sleman juga terbilang cukup aman. Tim berjuluk Elang Jawa itu berada di peringkat ke-13 dengan 36 poin usai mengalahkan Persela Lamongang 3-2, Kamis kemarin.

Kini mereka hanya butuh satu poin saat menghadapi Persija Jakarta pada pekan terakhir untuk bisa lolos dari jeratan degradasi.

Sedangkan Persipura diwajibkan menang pada laga terakhir ketika berhadapan dengan Persita Tangerang. Jika kalah atau seri, Mutiara Hitam dipastikan berlaga di Liga 2 musim depan.

"Harapan, pasti kami bisa keluar dari zona merah. Kami butuh bantuan dari tim lain, tim lain bisa main dengan 100 persen semangat dan fair. Kami akan berjuang untuk pertandingan sisa," kata pelatih Persipura Jayapura, Alfredo Vera.

Jika Persipura bertemu lawan yang terbilang aman, tidak demikian dengan Barito Putera. Pasukan Rahmad Darmawan harus berhadapan dengan Persib Bandung di laga terakhirnya.

Berikut ini jadwal pekan terakhir Liga 1 2021/2022:

Selasa, 29 Maret

Persela Lamongan Vs PSIS Semarang

Madura United Vs Tira Persikabo 1973

Rabu, 30 Maret

Arema FC Vs PSM Makassar

Persiraja Banda Aceh Vs Bhayangkara FC

Persebaya Surabaya Vs Borneo FC

Kamis, 31 Maret

Persija Jakarta Vs PSS Sleman

Barito Putera Vs Persib Bandung

Persik Kediri Vs Bali United

Persita Tangerang Vs Persipura Jayapura

Terkait