Qatar 2022 Jadi Piala Dunia Pertama yang Raih Sertifikasi Keberlanjutan Internasional
Qatar menjadi Piala Dunia FIFA pertama dalam sejarah yang memperoleh sertifikasi ISO 20121 (Foto: FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia 2022 Qatar LLC (Q22) – cabang operasional FIFA dan Negara Tuan Rumah untuk penyelenggaraan turnamen – telah mencapai sertifikasi ISO 20121, standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen yang efektif untuk memberikan acara yang berkelanjutan.

Sertifikasi tersebut diberikan setelah proses audit ekstensif yang dimulai selama Piala Arab FIFA Qatar 2021 – yang diadakan tepat setahun sebelum Piala Dunia FIFA pertama di Timur Tengah dan dunia Arab.

“Keberlanjutan telah menjadi jantung Qatar 2022 sejak awal, dan pengakuan independen atas penerapan praktik terbaik mencerminkan komitmen abadi kami terhadapnya. Di antara banyak warisan turnamen ini, keberlanjutan merupakan elemen penting dari perencanaan dan persiapan yang menjadi fokus tim di Q22, Komite Tertinggi untuk Pengiriman & Warisan, dan FIFA, dan saya berharap penyelenggara turnamen di masa depan akan memandang kami sebagai model untuk mengadakan acara besar,” Nasser Al Khater, CEO, Q22, mengatakan dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat.

Sementara itu, José Retana, Manajer Senior Keberlanjutan, Q22, mengatakan pihaknya bangga Qatar menjadi Piala Dunia FIFA pertama dalam sejarah yang memperoleh sertifikasi ISO 20121.

"Ini menunjukkan bahwa menurut evaluasi oleh entitas terakreditasi pihak ketiga, praktik manajemen kelas dunia sedang diterapkan untuk menghadirkan acara yang inklusif, hijau, dan berorientasi warisan,” kata dia.

“Hanya dengan menanamkan keberlanjutan di semua operasi kami, kami dapat menghadirkan acara yang benar-benar sukses yang meninggalkan dampak positif jangka panjang bagi penggemar, pemain, tenaga kerja, komunitas lokal, dan mitra. Itulah yang dilakukan manajemen keberlanjutan yang kuat. Sertifikasi ini merupakan bukti upaya keberlanjutan dari semua orang di organisasi kami,” tambahnya.

SGS melakukan proses audit yang ekstensif. Ini adalah perusahaan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi terkemuka dunia yang memiliki banyak pengalaman dalam mensertifikasi penyelenggara acara olahraga besar terhadap persyaratan ISO 20121, termasuk Olimpiade dan Paralimpiade, dan turnamen tenis Prancis Terbuka.

Mekanisme pengelolaan keberlanjutan yang dinilai selama audit FIFA Arab Cup meliputi:

- Infrastruktur dan layanan aksesibilitas untuk penggemar penyandang disabilitas, termasuk tempat duduk, bantuan mobilitas, dan fitur inovatif seperti komentar deskriptif audio

- Minimisasi dan daur ulang limbah, termasuk pelatihan staf, pemisahan, dan kegiatan peningkatan kesadaran yang dilakukan dengan dukungan sukarelawan keberlanjutan

- Pengadaan barang-barang yang diperlukan untuk pengiriman turnamen secara berkelanjutan, termasuk seragam yang terbuat dari plastik daur ulang dan penggunaan kemasan makanan yang dapat dikomposkan

- Audit sosial dan lingkungan untuk memastikan kepatuhan pemasok terhadap Kode Sumber Berkelanjutan Piala Dunia FIFA Qatar 2022

- Pelaporan dan penyelesaian insiden selama waktu turnamen, termasuk pengaturan tata kelola dan pengumpulan pelajaran

“Piala Dunia FIFA Qatar 2022 telah secara efektif menerapkan dan menunjukkan praktik terbaik di bawah kerangka Sistem Manajemen Keberlanjutan Acara (ISO 20121) untuk mengelola acara dengan sukses. Mereka telah memenuhi tolok ukur yang ditetapkan untuk pengembangan keberlanjutan global dan untuk mengendalikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan acara tersebut,” Chris Meakin, Manajer Umum SGS Qatar, mengatakan.

Sistem manajemen keberlanjutan adalah mekanisme dan pendekatan manajemen khusus di mana Piala Dunia 2022 Qatar merumuskan kebijakan keberlanjutan, menerapkan langkah-langkah keberlanjutan, mencapai tujuan keberlanjutan dan memasukkan keberlanjutan ke dalam seluruh siklus hidup turnamen.

Strategi Keberlanjutan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar bersama adalah dasar dari sistem manajemen keberlanjutan turnamen. Serangkaian mekanisme yang komprehensif telah diterapkan untuk memastikan keberhasilan penyampaian yang sesuai dengan harapan pemangku kepentingan dan tujuan strategi. Sertifikasi ISO mencakup operasi turnamen di semua tempat resmi dan mengukur efektivitas sistem manajemen dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan turnamen.

Pencapaian ISO 20121 telah memungkinkan penyelenggara untuk berhasil mencapai target yang ditetapkan untuk membahas topik transparansi dan akuntabilitas, yang diidentifikasi sebagai isu penting selama pengembangan Strategi Keberlanjutan Piala Dunia 2022 Qatar.