Nandira Mauriskha Tambah Perak, Tim Wushu Indonesia Peringkat Ketiga di World Games 2022 Amerika Serikat
Merah Putih di peringkat ketiga dalam daftar perolehan medali Kejuaraan Dunia Wushu 2022 (Foto: PB WI)

Bagikan:

JAKARTA — Tim wushu Indonesia mendapat tambahan medali perak dari Kejuaraan Dunia 2022. Medali itu disumbang oleh atlet putri Nandira Mauriskha pada nomor Cangquan.

Nandira harus puas di podium kedua setelah kalah dari wakil China Lai Xiaoxiao di Billbattle Colloseum Balltimore, Birmingham Southern Court, Alabama, Amerika Serikat, pada Rabu, 13 Juli waktu lokal. Sementara itu, medali perunggu jatuh ke tangan MIchele Santos dari Brasil.

Hasil ini membuat Indonesia total mengoleksi satu medali emas dan dua medali perak. Pencapaian itu menempatkan Merah Putih di peringkat ketiga dalam daftar perolehan medali.

Sementara itu, posisi juara umum dipegang oleh China yang mengumpulkan empat medali emas. Di tempat kedua dihuni oleh tuan rumah Amerika Serikat yang sukses membawa pulang dua medali emas.

Prestasi ini meningkat jika dibandingkan pada World Games 2013 lalu di Kolombia. Ketika itu Indonesia mendapat satu medali emas dari Lindswel Kwok dan satu medali perunggu dari Ivana Ardelia Irmanto.

"Namun, kita tetap melakukan evaluasi untuk bisa lebih baik lagi dalam mempersiapkan Tim Wushu Indonesia menghadapi Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, China tahun 2023," kata Manajer Tim Wushu Indonesia, Iwan Kwok.

Medali perak sebelumnya untuk Indonesia diperoleh oleh Harris Horatius. Ia berada di podium kedua pada nomor gabungan Nanquan/Nangun putra.

Sementara itu, medali emas dibawa pulang Indonesia melalui Edgar Xavier Marvelo. Kemenangan itu menebus kegagalannya meraih emas saat turun di SEA Games 2021 pada Mei lalu.

Sayangnya, keberhasilan tiga nama ini tidak diikuti oleh Alisyah Mellynar. Peraih medali emas SEA Games Vietnam itu gagal mendapat medali setelah menempati tempat keempat pada nomor Taijijian.

"Alisyah Mellynar masih terlihat demam panggung. Gerakannya masih goyang saat tampil membawakan nomor Taijijian dan Taijiquan. Ini cukup dimaklumi karena Alisyah merupakan atlet junior yang masuk ke senior dan baru pertama tampil di Kejuaraan Dunia Wushu," ujar Kwok.

Alisyah dan rekan-rekannya dijadwalkan akan kembali ke Indonesia pada Minggu, 17 Juli terdekat.