ASEAN Para Games XI 2022: Tim Para Bulu Tangkis Indonesia Incar Enam Emas
Anggota tim para bulu tangkis Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022, Khalimatus Sadiyah. (Dok. NPC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Para bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga andalan Indonesia untuk mendulang prestasi di ASEAN Para Games 2022.

Predikat andalan memang layak disematkan kepada tim para bulu tangkis Indonesia lantaran sudah terbukti mampu meraih prestasi baik di level regional maupun internasional.

Sayang, skuad Merah Putih tak bisa diperkuat Leani Ratri Oktila pada ASEAN Para Games 2022. Ratu para bulu tangkis Indonesia itu absen karena tengah menjalani masa cuti pasca-melahirkan.

Meski demikian, optimisme tetap diusung tim para bulu tangkis Indonesia. Enam medali emas, empat perak, dan empat perunggu jadi target untuk dipenuhi.

Target tersebut diungkapkan pelatih para bulu tangkis Indonesia, Yunita Ambar Wulandari, dalam sesi konferensi pers yang digelar di Media Center Utama ASEAN Para Games 2022, Sabtu (30/7/2022) siang.

"Target memang diberikan kepada setiap cabor. Kami, tim para bulu tangkis, targetnya ada enam medali emas, empat perak, dan empat perunggu," Yunita menjelaskan dalam rilis yang diterima VOI.

Enam medali emas itu diproyeksi datang dari Ukun Rukaendi (tunggal putra SL3), Fredy Setiawan (tunggal putra SL4), Deva Anrimusthi (tunggal putra SU5), dan Khalimatus Sadiyah (tunggal putri SL4) dari sektor tunggal. 

Sedangkan dua medali emas lainnya diharapkan muncul dari sektor ganda via Fredy Setiawan/Dwiyoko (ganda putra SL3-SL4) dan Deva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah Prawiranegara (ganda putra SU5).

Dalam kesempatan itu, Yunita menyebut status tuan rumah bakal memberi keuntungan tersendiri untuk tim para bulu tangkis Indonesia di ASEAN Para Games 2022. Apalagi mereka sudah lama menggelar Pelatnas di Kota Bengawan.

"Kebetulan Pelatnas para bulu tangkis ada di Solo. Sebagai tuan rumah, kami mungkin lebih unggul dalam adaptasi dengan lingkungan maupun venue pertandingan. Kami juga sudah lebih banyak berlatih di venue yang akan dipakai pertandingan nanti. Jadi, adaptasinya bisa lebih siap," ujarnya.

Sementara itu, rangkaian pertandingan untuk cabang olahraga para bulu tangkis ASEAN Para Games 2022 bakal digelar di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Solo mulai Minggu (31/7/2022).