Inilah 3 Atlet Golf Indonesia yang Mengukir Prestasi di Kancah Internasional
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di Indonesia, olahraga golf kurang begitu populer, sehingga wajar jika atlet golf Indonesia kurang begitu dikenal khalayak. Padahal, atlet golf Tanah Air banyak yang mengukir prestasi di kancah internasional.

Lantas, siapa saja atlet golf yang pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang golf internasional? Mereka yakni Danny Marsin, Rory Hie, dan Alfred Raja.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut informasi lengkap soal tiga atlet golf Indonesia yang berhasil mengukir prestasi di turnamen golf internasional.

Profil Danny Marsin, Atlet Golf Indonesia yang Kaya Prestasi

Atlet Golf Indonesia Danny Marin (Instagram @dannymasrin_official).

Atlet Golf Indonesia Danny Marin (Instagram @dannymasrin_official).

Danny Masrin merupakan atlet yang sudah malang melintang di dunia olahraga golf. Ia kerap kali mengikuti kompetisi golf baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Danny Masrin memulai kariernya sebagai pegolf profesional pada tahun 2015. Putra dari salah satu orang terkaya di Indonesia, Jimmy Masrin itu telah mengukir berbagai prestasi dan masuk ke dalam jajaran pro golf player teratas Indonesia. Bahkan, Danny pernah menjadi golfer terbaik kedua di Tanah Air ketika berusia 23 tahun.

Di tahun pertamanya sebagai pegolf profesional, Danny sukses merebut tiga gelar nasional pada Indonesian Golf Tour (IGT). Ia juga sukses mengikuti event Asian Tour di Indonesian dan bebrapa kali di Asian Development Tour. 

Pada tahun 2020, nama Danny Masrin masuk dalam 1.000 pemain golf terbaik dunia. Kala itu, ia menempati posisi ke-511 World Golf Ranking dengan 0,3058 poin.

Capaian ini tak lepas dari penampilannya di turnamen internasional SMBC Singapore Open pada 19 Januari 2020. Di kompetisi itu, Danny berada di urutan ke-8. Selain itu, Danny juga sukses menduduki posisi ke-5 di turnamen BNI Master yang digelar 15 Desember 2019.

Profil Rory Hie, Atlet Golf Indonesia yang Juarai Asian Tour

Atlet Golf Indonesia Rory Hie (Instagram @roryhie).

Atlet Golf Indonesia Rory Hie (Instagram @roryhie).

Atlet golf terbaik Indonesia yang kedua adalah Rory Hie. Pada 2019, Rory berhasil menjawab keraguan publik soal prestasi pegolf Indonesia dengan menjuarai Classic Golf And Country Club Internasional Championship yang digelar di India. Sejak saat itu, permainannya konsisten. Ia berada di 10 besar di empat tur yang diikuti.

Selain itu, Rory menjadi satu-satunya atlet golf Indonesia yang menjuarai gelar dari Asian Tour. Kala itu, ia menciptakan total 267 pukulan atau 21 pukulan di bawah par. Rory pun mendapatkan hadian sebesar 54 ribu dola Amerika Serikat.

Pria kelahiran Balikpapan, 1 September 1988 itu pernah bersekolah di University of Southern California, Amerika Serikat, yang merupakan tempat kelahiran pegolf kenamaan Amerika Serikat Tiger Woods.

Saat berusia 21 tahun, Rory menjadi satu-satunya atlet golf Indonesia yang berhasil menembus Tour Eropa pada 2010 silam.

Pada tahun 2020, Rory Hie menduduki peringkat ke-564 World Golf Ranking berkat penampilannya di Sabah Masters. Di turnamen yang digelar Novembr 2019 itu, Rory berada diurutan ke-12. Sementara di turnamen Panasonic Open Indonesia yang diselenggarakan pada 17 November 2019, Rory sukses menduduki urutan ke-5.

Selain kedua atlet golf di atas, Indonesia juga memiliki pegolf yang berhasil menyamai rekor Tiger Woods. Pegolf tersebut yaki Alfred Raja.

Profil Alfred Raja, Atlet Golf Indonesia yang ukir presitasi di AS

Alfred Raja (Head of Topic Indonesia)
Alfred Raja (Head of Topic Indonesia)

Pegolf Alfred Raja pernah mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Ia pernah menjuarai turnamen Golf Pacific Northwets Men’s Ameteur di Idaho Club, Sandpoint, Amerika Serikat.

Prestasi Raja patut diacungi jempol. Pasalnya, turnamen tersebut juga pernah dijuarai oleh pegolf kenamaan sekaligus legenda golf dunia, Tiger Woods.

Dalam turnamen yang digelar pada Sabtu 31 Juli 2021, Raja berhasil mengalahkan Jordan Lee dengan 2&1 dalam pertandingan 36 holes.

Sekadar informasi tambahan, Raja adalah pegolf binaan Persatuan Golf Indonesia Kabupaten Bogor.

Pada awal Juli 2021, Raja berhasil masuk ke babak 16 di Oregon Ameteur. Turnamen Pacific Northwest Men’s Amateur merupakan salah satu dari 11 turnamen besar.

Demikianlah tiga atlet golf Indoesia yang berhasil mengukir prestasi di kancah Internasional. Siapakah atlet golf favoritmu?