Daftar 2 Atlet Panjat Tebing Indonesia yang Harumkan Bangsa di Kancah Dunia
Ilustrasi panjat tebing (Kody Dahl on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Beberapa atlet panjat tebing Indonesia berhasil menorehkan prestasi di kancah dunia. Sayangnya mereka jarang mendapat sorotan media sehingga namanya kurang begitu familiar di telinga. Meski demikian, mereka sangat diperhitungkan di cabang olahraga panjat tebing.

Atlet Panjat Tebing Indonesia

Beberapa atlet panjat tebing Tanah Air bahkan mendapat predikat tercepat di bidangnya. Lalu, siapa saja atlet panjat tebing yang berprestasi? Ini daftarnya.

  1. Veddriq Leonardo

Atlet panjat tebing ini lahir di Pontianak, Kalimantan Baarat pada 11 Maret 1997. Ia bergabung dalam tim pemanjat tebing Nasional pada awal Januari 2018 lalu. Meski demikian ia berhasil membuktikan diri dan langsung berlaga di Asian Games.

Sejumlah prestasi berhasil ia catat, salah satunya adalah menjadi pemecah rekor dunia dalam turnamen IFSC Boulder Cup 2021. Saat itu ia berhasil mencatat waktu 5,25 detik di nomor speed putra.

Selain itu, prestasi Veddriq yang cukup membanggakan lainnya adalah berhasil menjadi juara dunia dalam ajang IFSC seri Villars. Kompetisi tersebut digelar di Swiss pada 2 Juli 2021 silam.

Terbaru, Veddriq Leonardo sukses mendapat catatan terbaik di World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022. Dalam kompetisi tersebut, Veddriq sukses menyabet medali emas pada nomor speed putra Meidi Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat.

Medali emas juga sempat disabet Veddriq pada awal Mei dalam kompetisi Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan.

Berikut biodata Veddriq yang diambil dari berbagai sumber.

  • Nama lengkap: Veddriq Leonardo
  • Panggilan: Veddriq
  • Tempat, Tanggal Lahir: Asal: Pontianak, Kalimantan Barat, 11 Maret 1997
  • Usia: 24 tahun
  • Agama: Islam
  • Profesi: Atlet Panjat Tebing
  • Akun IG: @veddriq
  1. Kiromal Katibin

Selain Veddriq Leonardo, Indonesia juga punya Kiromal Katibin. Ia cukup diperhitungkan di cabang olahraga panjat tebing. Bahkan ia tercatat mengukir prestasi di kancah dunia hingga membanggakan Indonesia.

Kiromal Katibin lahir pada 21 Agustus 2000 di Batang, Jawa Tengah. Pertama kali Kiromal mengenal olahraga panjat tebing pada saat usianya masih 7 tahun. Di tahun 2007, Kiromal menyaksikan olahraga panjat tebing di alun-alun kota Batang dalam acara Pra-Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov).

Ketertarikannya membuat ia memutuskan untuk berlatih panjat tebing pada tahun 2009. Ia berlatih dengan sang kakak. Yang membuatnya suka dengan olahraga ini karena ia sering bertemu orang baru dan banyak teman. Sejak saat itu ia fokus di panjat tebing.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Medali pertama yang didapat adalah Lead di Kejurnas Jakarta 2011. Setelah itu ia berhasil menyabet medali emas nomor Speed di Kejurnas Bangka 2016. Ia juga berhasil meraih emas nomor Speed di Kejurnas Padang 2017.

Terbaru, Kiromal Katibin sukses mencatat rekor baru di babak kualifikasi Men’s Speed IFSC Climbing World Cup 2022 yang digelar di Chamonix, Prancis, pada Jumat 8 Juli 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut, ia memecahkan rekor dunia speed dengan waktu lima 5,00 detik dengan ketinggian tebing 15 meter.

Bukan kali pertama Kiromal memecahkan rekor dunia. Sebelumnya, ia sukses mencetak rekor dunia dengan waktu 5,04 detik saat tampil di Villars, Swiss, pada 30 Juni 2022.

Berikut biodata Kiromal Katibin.

  • Nama Panjang: Kiromal Katibin
  • Panggilan: Kiki
  • Tempat, Tanggal Lahir: Batang, 21 Agustus 2000
  • Usia: 22 Tahun
  • Profesi: Atlet panjat tebing
  • Akun Instagram: @kiromalk

Itulah informasi terkait atlet panjang tebing Indonesia yang berprestasi di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.