Profil Marketa Vondrousova, Atlet Tenis yang Meraih Juara 1 di Grand Slam Wimbledon 2023
Marketa Vondrousova. (Twitter-Wimbledon)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Marketa Vondrousova tengah jadi perbincangan. Pasalnya, atlet tenis tersebut berhasil menyabet juara 1 dalam Grand Slam Wimbledon 2023. Menariknya lagi, Marketa Vondrousova bukan petenis unggulan, namun ia berhasil membuktikan dirinya.

Profil Marketa Vondrousova

Seperti diketahui, Grand Slam Wimbledon 2023 adalah salah satu turnamen tenis bergengsi. Pertandingan tersebut digelar selama kurang lebih dua minggu di bulan Juni atau Juli tiap satu tahun. Dan pemenang Grand Slam Wimbledon 2023 adalah Marketa Vondrousova.

Marketa Vondrousova adalah atlet tenis wanita yang lahir di Sokolov, Republik Ceko pada 28 Juni 1999 dari pasangan David Vondrous dan Jindriska Anderlova. Tahun 2023 ini usia Marketa Vondrousova adalah 24 tahun. Namun ia mulai belajar tenis di usia empat tahun dari sang ayah, David Vondrous.

Pada tahun 2006, Marketa Vondrousova mulai masuk ke turnamen tenis mini nasional yang digelar di pulau Stvanice di Praha. Di babak pertama ia mengalami kekalahan.  Namun ia berhasil lolos ke turnamen internasional yang digelar di Umag, Kroasia. Selain itu ia juga mendapat piagam pemain usia 8 tahun yang bersaing dengan pemain yang kebanyakan usia 9 tahun.

Yang unik adalah bahwa Marketa Vondrousova berhasil meraih kesuksesan di Nike Junior Tour International Masters yang digelar di Amerika Serikat. Kejuaraan tersebut merupakan kejuaraan dunia khusus petenis usia 12 tahun ke bawah unofficial.

Dia meraih kesuksesan internasional pada usia 12 tahun, ketika dia memenangkan Nike Junior Tour International Masters di Amerika Serikat, yang dianggap sebagai kejuaraan dunia 12 tahun ke bawah tidak resmi.

Sepanjang karier Marketa Vondrousova di dunia tenis, tahun 2015 jadi tahun penting. Pasalnya, ia berhasil mendapatkan gelar di nomor individu serta tiga gelar di nomor ganda pada ajang ITF Circuit. Lalu di tahun yang sama pula ia mengikuti kualifikasi WTA Tour untuk pertama kali di Praha.

Di tahun 2017, Vondrousova memberanikan diri mengikuti berbagai turnamen Grand Slam, mulai dari French Open, Wimbledon, dan US Open. Upaya tersebut juga dilakukannya di 2018, yakni di Australia Open. Sayangnya ia selalu terhenti di babak awal.

Di tahun 2019 Vondrousova berhasil menembus babak final French Open 2019 akan tetapi gagal jadi juara. Usahanya baru berhasil di tahun 2023 karena menjadi juara di Wimbledon dan meraih gelar Grand Slam pertama sepanjang kariernya.

Itulah informasi terkait profil Marketa Vondrousova. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.