Kejuaraan BMX Indonesia Cup 2023 Seri III Digelar di Pulomas, Minggu 23 Juli
Kejuaraan BMX Indonesia Cup 2023, belum tersentuh perhatian Kemenpora maupun sponsor. (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA – Kejuaraan internasional balap sepeda BMX Indonesia Cup 2023, akan digelar di sirkuit BMX Jakarta International, Pulomas, Jakarta Timur pada Minggu 23 Juli. Kejuaraan tersebut merupakan seri ke-3 dari lima seri yang dijadwalkan.

Dua seri sebelumnya sudah digelar pada Maret dan Mei lalu. Kejuaraan ini juga sudah mendapat pengakuan dari organisasi balap sepeda internasional, Union Cycliste Internationale (UCI).

“Kejuaan ini sudah mendapatkan lisensi dari UCI, sehingga peserta kelas elite akan mendapatkan tambahan poin. Jadi jangan heran jika pesertanya juga datang dari luar negeri, karena memang ini ajang yang diakui UCI. Di seri sebelumnya, peserta luar negeri datang dari Inggris, Amerika Serikat, China, Korsel, Sigapura, Hong Kong, dan Malaysia,” kata Angga Dwi Putra, Ketua Panitia BMX Indonesia Cup 2023.

Kejuaraan ini dibagi dalam kelompok umur mulai 7-8 tahun, junior, hingga kelas elite yang diisi pebalap-pebalap BMX papan atas Indonesia. Mereka perlu mendapatkan poin agar dapat mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional, hingga tampil di Olimpiade.

Saat ini sudah terdaftar 100-an peserta Kejuaraan BMX Indonesia Cup 2023 seri III. Namun Angga menyayangkan minimnya perhatian, baik dari pemerintah lewat Kemenpora, PB ISSI, hingga sponsor.

“Saat ini kami masih berjibaku untuk membuat Indonesia Cup lebih mapan. Belum ada sponsor atau perhatian lebih dari pemerintah lewat Kemenpora RI maupun PB ISSI. Tetapi kami yakin, suatu saat harapan itu akan menjadi kenyataan karena kita sudah bekerja keras,” kata Angga lagi.