Pebalap Nasional Kuasai Kelas Elite Kejuaraan BMX Indonesia Cup 2023 Seri III
Kejuaraan BMX Indonesia Cup 2023 seri III yang digelar di Sirkuit BMX Jakarta International, Pulomas, Jakarta Timur pada Minggu 23 Juli. (BMX Indonesia Cup/Tjandra M. Amin)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap-pebalap sepeda nasional menguasai kelas elite Kejuaraan BMX Indonesia Cup Seri III, yang digelar di Sirkuit BMX Jakarta International, Pulomas, Jakarta Timur pada Minggu 23 Juli. Dua pebalap tersebut adalah Amellya Nur Sifa di kelas elite putri dan Fasya Ahsana Rifki di kategori elite putra.

Kejuaraan BMX Indonesia Cup seri III ini diikuti 150 peserta. Mereka terbagi mulai kelompok umur 7-8 tahun hingga elite. BMX Indonesia Cup menurut rencana bakal digelar sebanyak 5 seri hingga November mendatang.

“Kejuaran ini sudah mendapatkan lisensi dari UCI, sehingga peserta kelas elite akan mendapatkan tambahan poin. Jadi jangan heran jika pesertanya juga datang dari luar negeri, karena memang ini ajang yang diakui UCI. Di seri sebelumnya, peserta luar negeri datang dari Inggris, Amerika Serikat, China, Korsel, Sigapura, Hong Kong, dan Malaysia,” kata Angga Dwi Putra, Ketua Panitia BMX Indonesia Cup 2023.

Pada seri III ini  selain peserta lokal, ada juga peserta dari Inggris, Singapura, dan China yang turun berlomba. Kebanyakan peserta memang berasal dari klub-klub sepeda di Pulau Jawa, dan beberapa datang dari Kalimantan Timur serta Nusa Tenggara Barat.

“Kami memang sedang terus berusaha keras mendapatkan dukungan sponsor dan perhatian pemerintah, agar BMX Indonesia Cup dapat terus berkelanjutan. Bagaimana pun, kompetisi adalah kunci prestasi seorang atlet. Semakin banyak kompetisi, akan semakin matang performa atlet. Untuk itulah BMX Indonesia Cup hadir,” kata Angga menambahkan.

Peringkat Kelas Elite Putri:

1. Amellya Nur Sifa (Timnas)

2. Jasmine Azzahra Setyobudi (Timnas)

3. Rosida Stellina Romadhoni (ISSI DKI)

Peringkat Kelas Elite Putra:

1. Fasya Ahsana Rifki (Timnas)

2. I Gusti Bagus Saputra (Timnas)

3. Rio Akbar (76 Rider BMX Squad)