Jenis-Jenis Olahraga Balap Sepeda yang Masuk di Olimpiade
Jenis olahraga balap sepda (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Balap sepeda merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari di Indonesia. Olahraga pakai sepeda ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, balap sepeda juga termasuk salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade. Ada beberapa jenis olahraga balap sepeda yang ada pada ajang Olimpiade.

Lomba balap sepeda bisa dilakukan di beberapa jenis lintasan, mulai dari jalan umum atau jalan raya, arena Velodrome (lintasan khusus balap sepeda), dan di trek gunung. Kejuaraan balap sepeda diadakan pertama kalinya pada tahun 1893 dan dimasukkan dalam Olimpiade sejak 1986. Lantas apa saja jenis-jenis olahraga balap sepeda?

Jenis-Jenis Olahraga Balap Sepeda

Cabang olahraga balap sepeda dalam Olimpiade terdiri dari empat kelas, yaitu Road, Track, Mountain Biking, dan BMX. Berikut ini penjelasan masing-masing jenis balap sepeda:

Road

Pada Olimpiade perdana tahun 1896, perlombaan balap sepeda Road digelar di jalur maraton. Peserta harus melewati dua putaran dengan total jarak 87 kilometer. Barulah setelah satu abad, tepatnya pada tahun 1984, wanita diizinkan untuk berpartisipasi. Dan 12 tahun berikutnya, di Olimpiade Atlanta pada tahun 1996, kategori Time Trial diperkenalkan.

Perlombaan  balap sepeda Road race dan Time Trial, baik untuk pria maupun wanita, sekarang terdiri dari empat kategori di program Road Race Olimpiade. Road Race dimulai dengan start massal, dengan jarak tempuh sejauh 239 kilometer untuk pria dan 120 kilometer untuk wanita. Dalam Time Trial, waktu diukur dengan interval 90 detik, dengan jarak tempuh 46,8 kilometer untuk pria dan 31,2 kilometer untuk wanita.

Track

Dalam Track cycling, para pebalap hanya mengelilingi jalur yang memiliki kemiringan hingga 42 derajat yang disebut Velodrom. Helm, pakaian, dan sepeda yang digunakan berbeda dengan sepeda yang digunakan dalam balap sepeda biasa. 

Balap sepeda Track mencakup kategori perorangan, sprint, tim, endurance race, time trials, pursuit, dan first-over-the-line finishes. Kategori Time Trial, sprint, point race, dan individual pursuit tersedia baik untuk pria maupun wanita. Sementara untuk team pursuit 4000 meter, Keirin, Madison, dan Olympic sprint hanya tersedia untuk pria.

Mountain Bike

Mountain Biking diakui sebagai salah satu jenis olahraga sepeda berkat usaha dari Velo Club Mount Tamalpais. Mereka menggelar acara lomba Repack Downhill secara teratur mulai tahun 1976 hingga 1979, yang berlangsung dari jembatan Golden Gate hingga San Francisco. Pada tahun 1990, kompetisi ini menjadi olahraga profesional dengan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia.

Mountain Bike umumnya dilakukan di daerah bukit yang memiliki kemiringan sedang hingga terjal, seringkali melibatkan jalur gunung atau lintasan alam. Para pembalap dihadapkan pada berbagai tantangan seperti melintasi pepohonan, cabang-cabang pohon, bebatuan, dan bahkan sungai kecil. Jarak lomba untuk putra berkisar antara 40 hingga 50 kilometer, sementara untuk putri berkisar antara 30 hingga 40 kilometer. 

Bicycle Motocross

Bicycle Motocross (BMX) dimulai pada akhir tahun 1960-an di California, bersama ketika Motocross menjadi olahraga yang populer di Amerika. Pada bulan April 1981, didirikan Federasi Internasional BMX dan Kejuaraan pertama diadakan pada tahun 1982. BMX dengan cepat berkembang menjadi olahraga yang unik dan diberlakukan sejumlah peraturan yang mirip olahraga bersepeda dibanding Motocross.

Lomba BMX diselenggarakan di sirkuit berukuran 350 meter dengan banyak rintangan dan halangan. Delapan pembalap bersaing, dengan empat pembalap teratas otomatis lolos ke babak berikutnya, seperti babak penyisihan, perempat final, semifinal, dan final.

Demikianlah ulasan jenis-jenis olahraga balap sepeda yang masuk dalam cabang olahraga di ajang Olimpiade. Setiap kelas balap sepeda memiliki perbedaan baik dari segi peralatan, lintasan, peraturan, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.