Garudayaksa Football Academy Diresmikan Bareng Pembukaan Nusantara Open 2023
Menhan Prabowo Subianto, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dan Menpora Dito Ariotedjo buka Nusantara Open 2023 (dok. Istimewa).

Bagikan:

JAKARTA - Turnamen sepak bola usia muda U-17 bertajuk Nusantara Open 2023 resmi dibuka pada Kamis, 14 Desember 2023, di Cisaat, Kabupaten Bekasi. Pembukaan turnamen itu sekaligus meresmikan fasilitas olahraga Garudayaksa Footbal Academy.

Menteri Peratahanan, Prabowo Subianto, langsung membuka Nusantara Open 2023 dan meresmikan Kompleks Garudayaksa Football Academy.

Dia didampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

"Akademi Garudayaksa terbuka untuk umum. Terutama (ada) pilihan, kami (mengadakan) pembibitan, melalui proses seleksi daerah yang terbaik kami sekolahkan di sini. Namun, tentunya fasilitas ini bisa dipakai oleh tim-tim, ya, kami juga terbuka (untuk umum)," tutur Prabowo.

Nusantara Open 2023 merupakan jilid kedua yang berlangsung pada 14-21 Desember 2024. Ada 16 tim peserta yang akan tampil.

Perinciannya, sebanyak 11 tim berasal dari Elite Pro Academy (EPA), yaitu Persija, Persib, PSIS, Arema FC, Bali United, Borneo FC, PSM Makassar, PSS Sleman, Persis Solo, Rans Nusantara, Bhayangkara. Sementara lima peserta lain dari akademi, yaitu PSLS Lhokseumawe, Bintang Timur Atambua, Garudayaksa FA, Malut Selection dan ASIOP Apacinti.

Bicara Kompleks Garudayaksa Football Academy, fasilitas olahraga itu memiliki luas 60 hektare dengan ketersediaan tujuh lapangan, satu indoor stadium, plus asrama komplet dengan keberadaan ruang kebugaran.

Nantinya, Nusantara Open dan Kompleks Garudayaksa Football Academy akan saling berhubungan.

Tak cuma soal sepak bola putra, ada rencana mengakomodasi untuk pengembangan sepak bola putri.

Selain itu, rencana jangka panjang juga sudah disusun untuk menghubungkan olahraga dan sekolah umum.

"Saya koreksi, yang tadi (luas) sekian puluh hektare itu tidak hanya untuk akademi sepak bola. Namun, rencananya kami juga ada untuk (membangun) sekolah unggulan di sini, mulai dari SD, SMP, SMA, sampai universitas ada di sini, bersamaan dengan pusat pelatihan untuk (cabang) olahraga-olahraga lain," ungkap Prabowo.

"Bangsa yang kuat pemuda pemudinya harus kuat. Kuat fisik, kuat mental, tekad, semangat. Hanya dengan generasi muda yang kuat dan semangat gembira optimis Indonesia bisa menjadi negara hebat."

"Nanti PSSI akan membina tim tim pemudi perempuan kita. Harus ada nanti Nusantara Open perempuan supaya kaum perempuan juga tampil," kata Prabowo yang juga pembina Garudayaksa Football Academy.

Sementara itu, Erick Thohir mengapresiasi kehadiran Nusantara Open dan Kompleks Garudayaksa Footbal Academy. PSSI justru terbantu dalam pengembangan sepak bola Tanah Air.

"Apresiasi tinggi kepada organisasi, tokoh, atau individu yang rela bekerja sama serta berkontribusi untuk mengembangkan sepak bola. Memang kerja sama lintas stakeholder diperlukan agar sepak bola kita semakin maju," tutur Ketua Umum PSSI.

Tahun lalu, Persib Bandung U-17 menjadi juara dan dikirim selama tiga pekan ke Qatar untuk mengikuti turnamen dan pemusatan latihan di Aspire Academy. 

Sementara runner-up tahun lalu, PSLS Lhokseumawe, segera dikirim ke Qatar pada akhir Desember 2023.

Pengiriman PSLS Lhokseumawe berbarengan dengan Indonesia U-20 besutan Indra Sjafri yang juga akan ke Qatar untuk pemusatan latihan.